Ini hari ke Tujuh dalam trip saya ke jepang pada bulan April 2017, sesuai itinerary, saya akan melakukan day trip ke Tateyama Kurobe Alpine Route. ya day trip, alias tidak perlu menginap di Alpine Route. 🙂

Dari awal saya merencanakan explorasi Tateyama Kurobe Alpine Route, ini yang paling susah dan menyita banyak waktu untuk persiapan dan planing nya, maklum baru pertama kali ke Jepang, dan informasi tentang Tateyama Kurobe Alpine Route kebanyakan harus menginap 1 malam, dan atau jika day trip rute nya cuma separo saja. situasi ini menjadi dilema bagisaya, karena saya tidak punya banyak waktu untuk menginap, dan yang kedua tentu tentang budget tambahan untuk menginap di Alpine Route. akir nya mecari informasi dan tanya tanya di forum forum traveling, dan akir nya ketemu planing yang pas dengan itinerary saya, dan sukses saya coba day trip ke Tateyama Kurobe Alpine Route.
Di sini ini saya ingin berbagi informasi day trip dari pengalaman saya bisa explorasi Tateyama Kurobe Alpine Route secara full route mulai start dari Tateyama dan berakhir di Ogizawa menggunakan JRPass.

Info: Rute Tateyama Kurobe Alpine Route Day trip, di sarankan menggunakan JR Pass, jika tidak menggunakan JR Pass kamu tidak akan mencapai lokasi dengan tepat waktu. jika tidak memiliki JR Pass harus beli tiket shinkansen.

Sekilas tentang Tateyama Kurobe Alpen Route,

Alpine Route adalah rute yang sangat unik dan spektakuler di pegunungan Alpen, kita di ajak menggunakan berbagai macam moda transpotasi yang ramah lingkungan, cable car, trolley bus dan explorasi dengan berjalan. Rute ini tidak di buka sepanjang tahun, kita bisa mengunjungi Alpen Route antara 15 April sampai 30 November, selebih nya pada bulan desember sampai pertengahan april rute ini di tutup dan tidak bisa di akses sama sekali. Tateyama Kurobe Alpine Route merupakan tempat di mana kita bisa menikmati panorama dan pemandangan alam Jepang, daun hijau di musim semi, dan merah di musim gugur, hingga salju putih di musim salju

Sebelum melakukan trip ini berikut yang perlu di persiapkan

1. Memilih Rute yang tersedia untuk Tateyama Kurobe AlpineRoute
    • Tateyama Sta to Ogizawa (One Way) – butuh waktu 6-8Jam
    • Ogizawa to Tateyama Sta (One Way) – butuh waktu 6-8Jam
    • Tateyama Sta to Kurobe Dam back to Tateyama Sta (Round Trip) butuh waktu 8-9Jam
    • Ogizawa to Murodo back to Ogizawa (Round Trip) butuh waktu 5-7Jam
    • alpen-route
    • ada berberapa rute pendek lagi, tetapi kurang rekomendasi kalo baru petama kali ke sini, karena spot utama nya kita harus ke Murodo. rute yang saya sebut di atas semua nya melewati murodo.
  2. JR Pass tidak berlaku untuk rute di atas
  3. JR Pass, di gunakan untuk naik shinkansen ke Toyama. planing yang saya gunakan ini perlu JR Pass, jika tidak memakai JR Pass butuh effort dan tambahan waktu lebih untuk melakukan day trip Tateyama Kurobe AlpineRoute secara full route. Tateyama Station to Ogizawa (One Way), atau bisa juga dengan beli tiket satuan Shinkansen untuk tetap bisa mengikuti rute yang ada di blog ini, pertimbangan nya jika tidak banyak kota yang di kunjungi, lebih baik beli Tiket shinkanses satuan.
  4. Beli Tiket terusan Tateyama Kurobe AlpineRoute, bisa di lakukan di setiap stasiun yang di lalui, tetapi untuk beli tiket terusan sebaikan beli di keberangakatan awal, Dentetsu Toyama, Nagao atau Sinano Omachi. di luar itu bisa juga beli tiket di JR Office. saya beli di Dentetsu Toyama saat trip ini. lebih murah beli tiket terusan dari pada beli tiket eceran di setiap stasiun yang di lalui.
  5. Siapkan baju hangat dan sarung tangan buat berjaga jaga jika menggigil saat main salju.
  6. sebisa mungkin Jangan membawa luggage. jika terpaksa membawa luggage nya akan di kirim terpisah di stasiun tujuan, karena kita tidak bisa membawa luggage selama rute ini, kalo backpack bisa di bawa dengan bebas.

Naik Shinkansen Menuju Toyama

Memulai explorasi Tateyama Kurobe Alpine Route, saya berangkat dari Tokyo sekitar jam 06:00 dengan Shinkansen menuju Toyama, waktu tempuh sekitar 2jam 30menit. saat sampai di stasiun toyama, ikut in arah keluar menuju stasiun Dentetsu Toyama, lokasi nya bersebelahan. selama perjalan dan mendekati Stasiun Toyama, pemandangan pegunungan alpen sangat memanjakan mata 🙂

AlphineRoute-1 (Large)
Pemandangan dari jendela Shinkansen

di Dentetsu Toyama langsung antri ke loket untuk beli tiket terusan, seharga 9450 Yen, untuk rute start dari Dentetsu Toyama sampai di Stasiun Ogizawa.

Tambahan informasi, ada tiket terusan yang di jual di JR Office, saya baru tau tiket ini di jual di JR Office saat tiba di Dentetsu Toyama, harga tiket nya lebih murah. Hanya 9000 yen sudah sampai ke Nagano, sebagai perbandingan tiket yang saya beli 9450 Yen dan hanya sampai di Ogizawa, saya harus beli tiket bus sendiri seharga 2600 yen untuk ke Nagano.

Menjelajah Tateyama Kurobe Alpine Route

Setelah tiket sudah di tangan saya melanjutkan dengan urutan sbb:

#1 Stasiun Dentetsu Toyama
Dari Stasiun Dentetsu Toyama menggunakan kereta menuju Stasiun Tateyama, jangan lupa cari tempat duduk di depan atau dekat jendela dan siapkan kamera, selama perjalanan kurang lebih 1 jam, pemandangan alam nya sungguh indah. dan juga melewati perdesaan, bahkan melewati stasiun stasiun sederhana yang seluruh bangunan nya masih terbuat dari kayu, dari sini saja saya sudah mendapatkan pengalaman yang menakjubkan.

Aplen-Route-1-3 (Large)
Pemandagan alam yang indah di sepanjang rel kereta
Aplen-Route-1-4 (Large)
Melewati Stasiun stasiun kecil dan sederhana ~ Unik dan Menarik !!

#2 Stasiun Tateyama:
Di stasiun ini Menggunakan moda transpotasi Tateyama Cable Car, kereta yang ditarik ke atas dengan kemiringan jalur sekitar 45 derajat, saat tiba di sini kita bisa melihat di sekitar stasiun, tetapi yang perlu di ingat, jangan sampai telat jam keberangkatan yang tertulis di tiket, sebagai contoh Perhatikan tiket yang saya upload ini, ada Nomor Grup 104 dan jadwal keberangkatan 10:40 untuk Cable Car nya, tiap tiket bebeda2x, dan bisa request saat beli pertama kali di Stasiun Dentetsu Toyama

Tiket Kurobe
Perhatikan Nomor Grup 104 dan jadwal keberangkatan 10:40, jangan sampai terlewat.

#3 Bijodaira:
Setelah 20 menit menggunakan cable Car, kita tiba di Bijodaira untuk berganti transportasi lagi. Kali ini menggunakan Tateyama Highland Bus. Tapi sekarang berlaku aturan first come first in. Hanya perlu antri saja aja. dalam perjalanan ini pada saat kami datang, kanan kiri jalan penuh dengan salju, dan kita di tujukan lokasi Shomyo Fall, tetapi hanya di dalam bus, kalo mau ke spot tersebut ada jalur sendiri.

Tateyama Highland Bus dengan bahan bakar ramah lingkungan.

#4 Murodo:
Akir nya kita akan tiba di Morodo, tempat Atraksi utama ( Koridor tembok salju yang tinggi nya bisa mencapai 20m ) ada di luar gedung ini, nikmati salju sepuas nya di tempat ini untuk ke stasiun berikut nya tinggal antri saja berlaku first come first in menggunakan Tateyama Tunnel Trolley Bus, Bus ini adalah bus listrik melalui terowongan menembus pengunungan, balik lagi ke Spot Murodo, di sini ada 2 spot utama yang menarik di depan gedung stastiun murodo adalah koridor tembok salju yang tinggi nya sampai 20M, di belakang gedung ada hamparan salju yang luas dan landai untuk bemain salju.

Tips: ini dalah spot utama untuk menghabiskan waktu dan bermain salju sepuas nya di Alpine Route, kalo beruntung bisa merasakan turun nya butiran butiran salju, yang tidak mungkin kita rasakan di daeah tropis. pengalaman yang sangat menarik!

Aplen-Route-1-8 (Large)
Koridor tembok salju yang maximal nya bisa mencapai 20m, Suguhan utama dalam trip ini
Aplen-Route-1-7 (Large)
Hamparan Salju di belakang Stasiun Murodo ( stasiun tertinggi di alpen 2450 mdpl )
Aplen-Route-1-6 (Large)
Meluncur di salju sepuas nya 🙂

#5 Daikanbo:
Di stasiun ini kita akan menggunakan Tateyama Ropeway, selama perjalan kita kan melihat pegunungan alpen di sisi yang bebeda. berlaku sistem fist come fist in juga. main salju lagi sampai puas, karena ini spot terakir untuk bermain main dengan salju, menikmati pengunungan alpen dari leleng gunung, ada teropong yang bisa di gunakan (berbayar) untuk melihat keindahan alam pegunungan alpen.

Aplen-Route-1-11 (Large)
Tateyama Ropeway
Aplen-Route-1-9 (Large)
Melihat panorama gunung Alpen dengan teropong

#6 Kurobedaira:
kita menggunakan kurobe cable car menuju kurobeko. berlaku first come first in. cable car nya unik 🙂 dan memiliki sudut kemiringan yang extreme.

Aplen-Route-1-10 (Large)

#7 Kurobeko:
saat tiba di satasiun ini kita akan sedikit berjalan menuju Kurobe dam, tetapi pada saat saya datang, dam nya lagi beku. sekilas tentang kurobe Dam ini adalah dam terbesar dan termegah di Jepang dan berfungsi sebagai pembangkit listrik, pada saat saat tertentu pintu air kurobe dam di buka dan menjadi daya tarik tersendiri. bisa di cek di web resmi nya kapan waktu di buka nya kurobe dam. selesai menikmati Kurobe Dam, kita melanjutkan perjalanan ke Ogizawa dengan Kanden Tunnel Trolley Bus, berlaku Firts come first in.

Aplen-Route-1-12 (Large)
Sungai di Kurobe Dam masih Beku
Aplen-Route-1-13 (Large)
Kurobe Dam air nya beku
Aplen-Route-1-14 (Large)
Cari stasiun ini untuk melajutkan ke Ogizawa

#8 Ogizawa: rute pejalanan Tateyama Kurobe Alpine Route pun berakhir di stasiun ini, usahakan saat tiba di ini sebelum jam 18:00, karena bus terakhir ke Nagano berangkat jam 18:05. Bus dari Ogizawa ke Nagano tidak termasuk dalam tiket terusan, biaya bus ke Nagano 2600 Yen.

TIPS: Jangan ketinggalan Bus terakir dari Ogizawa ke Nagano pukul 18:05

Kembali ke Tokyo Menggunakan Shinkansen

Setelah sampai di Nagago, tinggal pesan tiket resevasi Shinkansen menuju Tokyo. dan day trip Tateyama Kurobe Alpine Route selesai.

Ditulis oleh

Ngeblog untuk ninggalin jejak ...

22 respons untuk ‘Jalan Jalan ala backpacker hari keTujuh: Day trip Tateyama Kurobe Alpine Route, dari Tokyo dengan JRPass.

1. Mei masih bisa dapat 9 meter wall nya. Dari informasi resmi nya. Dan cuaca nya lebih bersahabat, kalo april masih bisa buka tutup beberapa spot karena cuaca. 😄

Suka

1. halo mas.. wah seru banget.. thank you sudah sharing catatan trip nya. mas, boleh minta email mas ? mau “konsultasi” nih mengenai trip Tateyama Kurobe Alpine Route ini.. 🙂 thank you mas.. GBU

1. Halo kak. Jago banget nyusun rencananya heheee… Jadi total berapa ya sehari ke alpen route include JR Pass? Kalau bawa bayi sulit tidak ya? Jenis JR pass apa yg diambil jika hanya ke alpen saja dari tokyo (tanpa tokyo osaka dll)

2. haloo… saya berencana berkunjung ke tateyama, cuman sy punya luggage.. apakah luggagenya bisa dibawa, atau dikirim secara terpisah ? dan jika dikirim terpisah, apakah ada biaya tambahan? thanks 😉

Suka

1. Untuk luggage kalo di bawa pasti sangat merepotkan. Saya tidak yakin 100% tidak boleh atau di perbolehkan, Karena waktu naik tateyana cable car sangat padat dan sangat menyusahkan membawa luggage, Better bawa daypack , kalo tidak mau repot luggage bisa di kirim dari Tateyama Station. Ada di sebelah tiket counter, ada biaya nya 1800Yen sampai Station akhir di Shinano omachi.

3. Hi bro… permisi nanya. saya akan berangkat kr Tokyo tgl 19-23 mei 2018, hanya main2 d tokyo saja. dan rencana akan mengunjungi tateyama alpen pada 21 mei.
    untuk ini apakah saya perlu membeli JR pass? apabila saya tidak memakai JR pass, apa bs membeli shinkasen Tokyo-toyama? kalau bs, harganya berapa?

thanks

Suka

1. Hi Bro, untuk lihat harga bisa cek di hyperdia.com buat perkiraan nya, tidak pelu beli JR Pass kalo cuma mau ke toyama saja, beli tiket Shinkansen tokyo-toyama dan nagano – tokyo, usahakan beli tiket jam pertama tokto-toyama nya biar bisa puas dan bisa full rute nya di alpen. waktu itu saya pertama kali ketinggalan kereta pertama, karena tidak cek peta stasiun dan jalur pemberangkatan shinkansen yang benar. jangan sampai mengalami hal yang serupa :). Selamat berlibur…

4. Saya ke Osaka 27 Jun sampai Tokyo 10 Juli. Beserta anak berdua rencana ingin ke tateyama diantara tgl ini. Kalau dari osaka, apakah bisa naik night bus dan pagi tiba, lalu selesai malam night bus lagi ke tokyo? Atau sebaiknya beli JR pass shinkansen? Kalau dari osaka, tetap harus ke rute toyama – alpine – ogizawa atau sebaliknya? Mohon pencerahannya suhu

5. Bro, kalau trip ke Tateyama Korube Alpine Route enaknya weekend atau weekdays ya? karena kan ada beberapa yang kudu ngantri ya? takutnya kalau weekend antrinya panjang banget

Suka

1. Waktu itu saya memang weekdays datang nya, antrian paling panjang pasti di cable car, btw kalo tidak menginap, usahain dari pagi biar puas ga keburu2 🙂

6. Halo mas, thank you banget infonya. Dengan berangkat dari Tokyo sekitar jam 6 dan mengejar bus terakhir ke Nagano dari Ozigawa yang jam 18.05, waktu yang ada untuk “main salju” dan foto-foto di sepanjang Alpine Route itu termasuk buru-buru atau lenggang ya?

1. Termasuk lenggang, main salju dan main seluncur sudah puas sekali.
      Nanti sampai di stasiun pertama ada time line nya. Karena saya pengen main salju nya puas jadi tidak banyak Explore di station lain selain murodo. Waktu di murodo bisa jalan jalan ke bukit di belakang station nya santai. Tidak rush. Asal pakai ketera shinkanzen paling pagi dari tokyo.

Suka

7. hi nanya donk mas, saya ada trip akhir juni – awal juli 2020. rencana dari osaka pengen ke shirakawago trus tokyo. sebaiknya ke alpin ini dari osaka apa dr tokyo ya? aku agak bingung ni, aku punya plan satu malam nginap sebelum nyampe tokyo, tp bingung soal koper gede2 ini. bawa anak2 (9 dan 15th) plus oma nya 72th. kira2 rekomended ga ya buat mereka?
    kl anak2 sih aku yakin happy. khawatir oma nya kelelahan. lg bingung nih nentuin trip shirakawago or tatemaya. atau bisa dua2nya?

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.