Geopark Ciletuh semakin populer, apa lagi saat ini Geopark Ciletuh sudah di akui dan resmi menjadi UNESCO Global Geo parks (UGG) atau world heritage (warisan dunia). sering melihat keindahan geopark ciletuh di media sosial, membuat saya ingin berpetualang ke Ciletuh. dan pasti nya tidak menggunakan tour biar greget dan flexible.

Saya set navigasi gps ke pantai palangpang, dan rute perjalanan bisa di akses dengan lancar

Pertama tama browsing dulu mencari rute menuju geopark ciletuh dari Jakarta, saat ini ada 2 jalur menuju geopark ciletuh, jalur lama dan jalur pantai loji (jalur baru). dua jalur lama lebih panjang kilo meter nya tetapi relatif lebih ramah tanjakan nya, untuk jalur loji, jarak tempuh lebih pendek tetapi butuh kendaran yang prima karena akan ada beberapa tanjakan yang lumayan tinggi. saya tidak tau jalur mana yang akan di lalui saya cuma mengandalkan aplikasi Waze di smartphone, dan akhir nya saya tau app tersebut menuntun saya melewati rute baru. dan tidak ada kendala sama sekali mulai dari jakarta sampai menuju spot pantai Geopark Ciletuh.

Tips: Cek kondisi kendaran, kalo perlu service dulu sebelum ke Geopark Ciletuh, karena medan yang berbukit, demi keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Persiapan saya sebelum berangkat
1. Cek kelayakan kendaraan, jarak tempuh kurang lebih 5-6jam
2. Sun Block biar ga terbakar matahari
3. Lotion anti serangga, di beberapa spot menuju curug masih asri dan banyak nyamuk dan serangga,
4. Peralatan mandi
5. Alas kaki yang nyaman, untuk berjalan dan treking menuju curug
6. Senter, di butuhkan saat treking subuh atau pulang abis sunset menuju tempat parkir kendaraan.
7. kipas angin portable, akan sangat membantu di saat saat panas melanda ๐Ÿ™‚
8. Gear dan perlengkapan buat foto.

Pagi itu saya berangkat dari jakarta pukul 5:00 pagi , dan mengikuti petunjuk arak Waze, selama perjalan dari jakarta sampai di pelabuhan ratu, normal nomal saja, tetapi saat masuk jalur pantai Loji, BIG WOW, jalur ini mengikuti garis pantai, dan sepanjang perjalanan, kita akan di suguhkan pemandangan yang sangat indah

Yang perlu di perhatikan sebelum masuk jalur pantai Loji, sebisa mungkin isi full kendaran, karena dari pantai loji sampai di geopark ciletuh kita tidak akan menemukan SPBU, dan selama di wilayah geopark ciletuh, yang ada cuma Premium / Pertalite / Pertamax eceran.

Jalur Loji Geopark Ciletuh
Pemandangan di Jalur Loji menuju ke Geopark Ciletuh yang selalu menyusuri garis pantai.

tetapi di balik keindaan di jalur ini, kita harus lebih waspada karena jalur ini memiliki tanjakan yang lumayan tinggi, di sepanjang jalan ini rambu rabu di pasang sangat jelas.

akhir nya sekitar pukul 11 siang saya sudah sampai di lokasi penginapan yang saya tuju, saya memutuskan untuk menginap di atas bukit, agar mendapat view yang lebih luas untuk hunting foto.

Penginapan di Geopark Ciletuh

Menurut saya kalo mau ke geopark Ciletuh usahakan menginap, biar tidak terlalu lelah berkerdara, dan juga bisa mengexplore lebih banyak curug. untuk lokasi penginapan, banyak di jumpai di sekitar pantai atau curug yang yang ada di geopak ciletuh, rata rata berupa homestay, dan untuk yang datang dengan keluarga besar atau rombongan coba hunting homestay yang yang di sewakan satu bangunan dan bebas di isi berapapun orang nya asal kasur nya cukup. ๐Ÿ™‚

Bukit Soca

Saya menginap di bukit SOCA, Sekilas tentang tempat penginapan saya, bukit soca ini unik, memiliki konsep semi eco, bisa di lihat dari dinding kamar nya terbuat dari ayaman bambu dan kayu. berkesan asri, bukit SOCA menawarkan penginapan dengan model kamar untuk di sewakan dan juga tenda camping yang cocok untuk keluarga, lokasi nya strategis, memiliki view sunset ke pantai dan sunrise ke bukit, buat saya lokasi ini cocok untuk misi hunting fotografi ๐Ÿ™‚

untuk tarif type kamar yang saya sewa Rp 300.000, kamar ini  bisa di isi 3 orang sampai 5 orang,
untuk tarif menginap di tenda, biaya nya 120.000

di bukit Soca minus nya bagi yang biasa menggunakan kamar Ber AC tidak tersedia di sini :), kalo kamu mau kamar ber ac, di lokasi pantai atau dekat curug lebih banyak pilihan penginapan dengan fasilitas lebih lengkap seperti AC dan TV dengan range harga 400.000 sd 650.000

Setelah prosess check in dan mendapat kamar di bukit SOCA, misi selanjut nya adalah meng-explore Geopark Ciletuh,  karena baru pertama kali dan juga wilayah geopark ciletuh sangat luas, saya coba tanya di resepsionis tentang tempat tempat menarik, berikut ini beberapa tempat yang di rekomendasikan

1. Pantai Palangpang
  9. Panenjoan
  10. Puncak Darma

Curug Sodong Kembar

dari list POI itu saya coba menuju ke Pantai Palangpang, karena matahari masih sangat terik dan terasa panas saya mencoba mencari curug terdekat yang bisa saya jangkau dengan applikasi navigasi

Navigasi ke curug sodong bisa di lakukan dengan Waze / Google map tanpa kendala

Dari pantai Palangpang, saya menggunakan waze lagi menuju Curug Sodong, tidak ada kendala dengan aplikasi ini untuk menemukan Curug Sodong.
wow spekta, pemandangan curug sodong sangat mempesona dan akses nya sangat mudah, setelah parkir kita bisa langsung turun ke curug tanpa bersusah payah, tanpa pikir panjang saat nya hunting foto dan berselfie ria :), tidak berapa lama foto di lokasi itu saya di datangi sesorang yang memperkenalkan sebagai guide lokal dan dia tergabung dangan komunitas guide untuk membantu dan memberi informasi Geopark Ciletuh, masih info dari Pak Dery, nama sodong di ambil dari bahasa sunda, yang beranti gua, karena di bawah air terjun tersebut terdapat gua. dia juga meberikan informasi ada curug Cikanteh tapi butuh trekking unruk menuju ke sana, waduh treking? udah jelek aja pikiran tentang ribet , jauh dan susah nya untuk mengakses lokasi itu, tapi dia menjelaskan medan nya mudah dan hanya membutuhjan 10-15 menit perjalanan.

Curug Sodong - Sodong Waterfall
Cekrek, wefie time, di curug Sodong.

tapi waktu itu hari sudah sore dan saya tidak mau kemalaman dan melewatkan sunset, akhir nya saya sepakat untuk minta tolong dia untuk mengantar ke esokan hari nya plus berkeliling POI yang saya miliki, dan di set rute yang tepat agar bisa memaksimalkan waktu yang ada. tidak terasa waktu sudah menujukan pukul 16:00, buru buru cabut buat kejar Sunset ๐Ÿ™‚

Info: Tidak ada keharusan menggunakan Guide di Geopark Ciletuh, saya menggunakan karena ingin hemat waktu saja untuk membantu memaksimalkan POI yang saya miliki. dan saya belum menemukan referensi nya detail nya untuk menjelalah Geopark ini, di media sodial cuma bertebaran foto foto saja tanpa Info lokasi dan cara akses nya ๐Ÿ™‚

Dalam perjalanan saya melihat pantai nya lumayan ramai, jadi putuskan kembali ke penginapan saja dan melihat sunset dari atas bukit, kami pun sampai di bukit soca dan masih sempat mendapatkan momen sunset.

View Sunset dan Nightscape di Bukit Soca

Sunset Bukit SOCA
Menikmati pemandangan Sunset Pantai Palangpang dari Bukit SOCA
View Sunset Pantai Palampang dari Bukit SOCA
Pemandangan Pantai Palangpang, After Sunset dari Bukit SOCA

Pemandangan dari bukit SOCA tidak ada habis nya, setelah sunset, malam hari nya kita bisa melihat langit bertabur bintang, dengan langit yang cerah dan bertabur bintang, saya tidak menyia nyiakan kesempatan itu, segera saya set kamera untuk membuat time lapse dan star trail.
pukul 21:00 bulan terbit dan bintang pun sirna, saat nya tidur ๐Ÿ™‚

Bukit SOCA Bertabur Bintang.jpg
Langit Malam di Bukit SOCA
Star Trail Geopark Ciletuh
Pemandangan Star Trail di atas Pemukiman Geopark Ciletuh

DAY 2

Curug Cikanteh

Ritual pagi ini di awali dengan menikmati sunrise dari depan kamar.

Morning di Bukit SOCA
Menikmari moment sunrise sambil menunggu sarapan siap, priceless!

Setelah mandi dan sarapan, saat nya pertualangan hari ke dua di mulai, saya janjian dengan pak Dery di Curug Sodong, karena untuk awal rute nya kita akan hunting ke curug Cikanteh.
dari beberapa orang yang saya temui semua nya merekomendasikan curug ini untuk di kunjungi, berbeda dengan curug sodong yang sangat amat mudah di jangkau. curug cikanteh ini kita membutuhkan sedikit tracking, kurang lebih 15 menit ada sedikit tanjakan, tetapi bisa di lalui dengan mudah.

Treking curug Cikanteh
Rute Trekking ke curug Cikanteh yang exotis
Curug Cikanteh 2
Pesona Curug Cikanteh
Curug Cikanteh 1
Pesona Curug Cikanteh yang Asri

untuk asal nama curug cikanteh ini, di ambil dari asal daerah mata air curuh ini , yaitu  cikanteh.

Curug Puncak Manik

Navigasi ke curug Puncak Manik

Melanjutkan Perjalanan berikut nya, kita menuju ke curug Puncak Manik, lokasi ini menjadi lokasi yang paling jauh, dari curug sodong kita berkendara kurang lebih 1 jam. beda dengan perkiraan di applikasi navigasai, karena mendekati lokasi curug, jalanan kurang bersabat, jalanan di dominasi batu batuan, jadi jangan menggunakan kendaraan yang terlalu ceper.

Tips untuk ke puncak manik bisa di lalukan navigasi sendiri, cuma saya sarankan untuk awal mending bawa guide, karena kita bisa ragu saat ketemu jalanan desa yang sangat sederhana, dan akan timbul pertanyaan apa rute kita benar dan salah ๐Ÿ™‚

untuk rute treking di curug Pucak Manik ini, sudah di buat tangga, jarak tempuk sekitar 800m, jadi tidak di sarankan bagi yang mengajak orang tua. saya coba hitung dengan stop watch, untuk turun kita membutuhkan waktu 15 menit, dan untuk naik nya 30 menit. luman capek untuk menuju Curug Puncak Manik, tetapi pemandangan nya luar biasa

Curug Puncak Manik.jpg
Curug Puncak Manik, Capek nya terbayar lunas ๐Ÿ™‚
Curug Puncak Manik 2.jpg
Wefie Time di Curug Puncak Manik

Melihat bentang alam geopark Ciletuh dari Panenjoan

Rute selanjutnya dari Curug Puncak Manik, kami menuju Panenjoan, dari lokasi ini kita bisa melihat hamparan bukit yang hijau dan luas, spot ini juga di kenal sebagai salah satu spot untuk menikmati sunset di Geopark Ciletuh. tetapi hari ini saya tidak mengejar sunset di Panenjoan, karena saya masih ingin melihat curug Awang.

Selfie untuk ninggalin jejak di spot Panenjoan

Curug Awang

POI Curug Awang

lokasi curug Awang, spot yang saya tuju berikut nya ternyata tidak jauh dari spot Panenjoan ini, rute menuju curug awang di dominasi dengan tanah dan batu batuan, dan di butuhkan kewaspadaan agar tidak mentok dengan body mobil.
treking curug awang datar saja dan sangat mudah di jangkau dari lokasi parkir, jadi bisa di lalui semua umur ๐Ÿ™‚ di sini kita melihat pemandangan curug dari atas, di butuhkan sedikit treking kalo mau turun mendekati curug.

Curug Awang
Waterfall & Sunset, di curug awang.. Mempesona!

Kami menghabiskan waktu sampai matahari terbenam di curug Awang, curug ini saat air nya penuh, mirip niagara mini, sayang saat saya datang debit air nya tidak terlalu banyak. di musim penghujan nanti saya akan berkunjung lagi, curug ini juga menjadi salah satu curug iconic di Geopark Ciletuh. jangan lewatkan kesempatan berkunjung ke curug ini ya.
sunset sudah berakir dan mulai menjelang malam dan kami pun balik ke Penginapan, dan explorasi hari ke dua selesai.

DAY 3

Puncak Darma

Di hari terakir ini saya tidak bersama Pak Dery lagi, saya kembali menjelajah sendiri dengan bantuan waze dan sekalian pulang menuju Jakarta.

POI Puncak Darma

pagi pagi sekali, saya mencoba mengarahkan waze ke puncak darma, dan sukses tanpa tersesat,

Puncak Darma.jpg
Pagi hari di Puncak Darma

Puncak ini sebagai pintu masuk pertama ke Geopark Ciletuh dan di kenal tempat untuk memandang indahnya Geopark Ciletuh, sebenar nya lebih cocok untuk menikmati sunset, memiliki ketinggian yang lebih tinggi dari Bukit SOCA. pemandangan dari ini sangat indah.
sebenarnya saat sampai di ciletuh pada hari pertama saya sudah melihat spot ini, banyak sekali motor dan kendaraan berheti untuk menikmati pemandangan dari bukit ini. tapi belum tau ini adalah salah satu spot rekomendasi menikmati alam di Geopark ๐Ÿ™‚

Curug Cimarinjung

POI Curug Cimarinjung

dari pucak darma, set waze ke pantai Palangpang, di tengah perjalanan yang saya setelah melewati bukit soca, lihat rambu rambu, banyak yang menuntukan tempat parkir menuju curug cimarinjung, bahkan terlihat jelas di sepanjang jalan, jadi tinggal cari areal parkir dan berjalan sekitar 10 menit, jalanan menuju curug sangat mudah.

Curug cimarinjung ini bisa di nikmati dari jalanan dan atau dari spot curug nya sendiri, lokasi di spot curug nya tidak terlalu luas, saya sarankan datang sepagi mungkin untuk menghindari banyak nya wisatawan yang datang.

Curug Cimarinjung di ambil pakai lensa tele dari luar kompleks curug
Curug CImarinjung
Curug Cimarinjung dari dalam area wisata curug

Perjalanan kembali ke Jakarta

dari curug ini, waze saya set  untuk kembali menuju Jakarta. tetapi di tengah tengah perjalanan ada curug di pinggir jalan yang membuat penasaran :). parkir bentar dan ambil beberapa gambar.

dari curug ini, tepat pukul 12:30 dan langsung tancap gas ke jakarta, saya sampai rumah pukul 18:00, jalan tidak terlalu macet waktu itu.

masih banyak spot di list saya yang belum saya kunjungi, bentang alam di geopark ciletuh sangat indah. dan masih terjaga alam nya dan kebersihan nya. ga rugi deh datang untuk explore Geopark ini.

saya lihat dengan semakin terkenal nya Geopark ini, mulai banyak bangunan semi permanen berupa warung warung di sekitar spot, bahan di salah satu puncak ada banguan yang menghalangi pemandangan dan saya lihat bangunan itu sudah di hancurkan, tinggal sisa sisa pondasi saja, semoga bisa di kelola dan di tata dengan baik dan untuk bangunan bangunan baru nya agar tidak menggangu pemandangan yang alami dan membuat kumuh. ๐Ÿ™‚

bagi para Traveler jangan buang sampah sembarangan ya! ๐Ÿ™‚

Ditulis oleh

Ngeblog untuk ninggalin jejak ...

4 respons untuk โ€˜Rute Jalan Jalan ke Geopark Ciletuh dan berpetualang mencari spot Landscape Photographyโ€™

1. maaf baru balas nih, cari cari nomor nya dulu ๐Ÿ™‚ guide nya bisa contact di 0858 7179 5917, untuk Bukit SOCA bisa di browsing di google nomor nya keluar , reservasi bisa di 081291712738

Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.