Catatan Outting di Wonosobo, Dataran Tinggi Dieng dan Puncak Sikunir

Tulisan saya kali ini tentang wisata di Wonosobo. kabupaten yang berada di Jawa Tengah ini terkenal akan kawasan dataran tinggi Dieng dan Sunrise di Pucak Sikunir nya.

Kota Wonosobo berada di Jawa Tengah,Sebagian besar wilayah Kabupaten Wonosobo adalah daerah pegunungan. terdapat dua gunung berapi Gunung Sindoro (3.136 meter) dan Gunung Sumbing (3.371 meter). Daerah utara merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng , dengan puncaknya Gunung Prahu (2.565 meter).

Trip ini di mulai dari Jakarta, pejalanan yang di tempuh kurang lebih dalam waktu 10 jam. trip ini temasuk trip Gratis yang di selengarakan setiap tahun di tempat saya bekerja. kami berangkat jam 21:00 dan sampai di Alun Alun kota Wonosobo sekitar pukul 06:00 Pagi. dan Trip pun di mulai

Pertama kami Makan pagi dulu di Rumah Makan Blok Ro 5
makanan di sini sangat enak, saya menuis ini supaya saat saya berkunjung lagi ke kota wonosobo sayu harus makan lagi di resto ini :). Mantap, khas masakan jawa. dengan bumbu rempah nya yang khas.

Mandi di Permandian Air Panas Kalianget
Setelah kenyang kami melanjutkan ke pemandian air panas, terletak di jalan raya Wonosobo – Dieng km. 3, Desa Kalianget, Kabupaten Wonosobo, pemandian ini cukup mudah dijangkau, persis berada di tepi jalur utama menuju Dieng.
Sesampainya di kompleks pemandian Kalianget pengunjung akan disambut dengan area parkir yang cukup luas. Pemandian ini memanfaatkan sumber mata air panas alami yang mengandung belerang. Pemandian ini memiliki dua lokasi untuk berendam, yang pertama di sediakan ruangan private yang bisa di pakai untuk berendam dengan durasi max 15 menit, untuk menggunakan ruangan ini harus antre, lokasi yang kedua berupa kolam renang dan bisa di gunakan untuk umum. dari cerita penduduk lokal Pemandian Air Panas Kalianget dikenal dengan tempat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Komplek Candi Arjuna
Selanjutnya kami menuju Dataran Tinggi Dieng, di sini ada komplek Candi Arjuna, adalah sebuah bangunan candi Hindu. pembangunan candi ini di perkirakan pada abad ke 7, ada banyak candi di sini tetapi yang terlihat utuh adalah candi Arjuna, kami menghabiskan waktu untuk berfoto dengan latar belakang candi. dari tour guide kami, lokasi ini juga bagus untuk melihat dan memfoto gugus bintang bima sakti atau milkyway jika cuaca cerah dan tidak sedang bulan besar ( purnama ). sayang nya saat kami datang tepat bulan purnama 😦

Pesona Telaga Warna
setelah puas foto dan berserfie ria, kami melajutkan ke telaga warna. kurang lebih 30 menit perjalanan mejuju telaga warna dari Candi Arjuna. di lokasi telaga warna ada view yang menarik yang di kenal dengan  Batu Pandang Ratapan Angin dan yang terbaru di 2016 ini Jembatan merah putih Dieng
Batu Pandang ratapan angin merupakan dua buah batu besar yang berdampingan dan terletak diatas bukit lokasi ini menjadi lokasi strategis untuk menikmati keindahan telaga warna pengilon dengan background hamparan lukisan alam yang sempurna. dan di 2016 ini ada obyek baru, Jembatan Merah Putih Jembatan merah Putih Dieng, merupakan sebuah jembatan kecil memanjang dari arah timur ke barat yang menghubungkan antara dua batu besar diantara dua bukit berada di sebelah timur obyek wisata Batu Pandang Ratapan Angin.
untuk mencapai Batu Pandang, kita harus naik bukit sekitar 15-20 menit, jalan nya sudah sangat nyaman dan mudah, karena ada perkebunan warnga di situ.

View Telaga Warna dari Batu Pandang Ratapan Angin

Lokasi Batu Pandang Ratapan Angin

Jembatan Merah Putih Dieng

Jembatan Merah Putih dieng, baru di buka 2016

bermalam di dataran tinggi dieng

menuju puncak sikunir.

pemandangan danau cebong

pusat oleh oleh

Kembali ke Jakarta

Ditulis oleh

Ngeblog untuk ninggalin jejak ...