Candi Borobudur, siapa yang tidak mengenal kemegahan nya. candi ini menjadi destinasi favorit turis dalam negeri maupun mancanegara. Kota besar terdekat dari Borobudur adalah Yogyakarta sejauh 40 km. Kota terdekat lain adalah Magelang sejauh 17 km. Ibu kota Jawa Tengah, Semarang, berjarak 90 km dari Borobudur.

Sekilas tentang Borobudur

Borobudur berasal dari kata Bara dan Beduhur, bara berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya kompleks candi dan beduhur artinya ialah “tinggi” atau yang “di atas”. Jadi maksudnya ialah kompleks candi yang berada di tanah tinggi.

Borobudur terletak di atas bukit pada dataran yang di kelilingi dua gunung kembar, Gunung Sundoro-Sumbing di sebelah barat laut dan Merbabu-Merapi di timur laut. Komplek Candi Borobudur adalah candi Budha terbesar di Dunia, yang di bangun antara tahun 750 sd 850, oleh karena itu Candi Borobudur jauh lebih tua sekitar 300 tahun dari pada Ankor Wat

Cara Melihat Sunrise dari Kompleks Candi Borobudur

Beberapa kali kesempatan ke Yogyakarta, saya sangat ingin melihat matahari terbit dari pucak candi borobudur, di baik stupa stupa nya yang megah. tetapi saat melihat referensi candi tidak buka 24jam, dan candi Borobudur baru buka pukul 06:00 pagi, jelas akan melewatkan detik detik sunrise nya.

setelah browsing akhir nya menemukan titik cerah cara untuk melihat matahari terbit di pucak komplek candi Borobudur.

1. Menginap di Hotel Manohara, hotel tersebut memberikan akses ke tamu nya untuk bisa menikmati moment matahari terbit dari candi Borobudur, tetapi menginap di hotel ini lumayan mahal buat saya πŸ™‚ , dan untuk akses juga tetap harus memberikan tambahan biaya.

2. Mengikuti Tour yang ada di Yogyakarta, biasa nya one day tour dengan beberapa destinasi dan salah satu nya adalah menikmati moment matahari terbit di Candi Borobudur.

cuma kedua cara di atas kurang flexibel buat saya, akhir nya ketemu opsi ke tiga, kita bisa datang langsung ke Hotel Manohara, dan kita membayar biaya masuk khusus untuk melihat matahari terbit, harga tiket nya lebih mahal di banding kalo kita menginap di hotel Mahonara, tetapi menurut saya itu lebih flexible dan lebih murah secara keseluruhan, karena saya tetap bisa menginap di kota Yogyakarta dengan harga hotel yang jauh lebih murah dari pada harga menginap di Hotel Manohara.

Menuju loket penjualan tiket sunrise Borobudur

Koordinat GPS di google map bisa di set ke TIKET COUNTER OF BOROBUDUR SUNRISE/SUNSET

Waktu itu saya menginap di hotel di sekitar Tugu Yogya, jarak tempuh dari hotel saya menuju hotel Manohara sekitar 30km. saya berangkat pagi pagi sekali di bantu aplikasi Waze , sekitar pukul 03:30 menuju Hotel Mahonara untuk mengejar tour sunrise, tour di mulai dari pukul 04:30 pagi. jadi kita memiliki waktu berburu sunrise di candi borobudur dari jam 04:30 sd jam 06:00, karena jam 06:00 Gerbang utama candi di buka untuk umum, dan pastinya sangat banyak wisatawan yang datang :).

pada pagi itu saya tidak sempat mengabadikan poses perjalan dan saat tiba di hotel manoharanya karena agak sedikit rush di jalan, karena saya tidak siap di beberapa titik ada pasar pagi yang cukup mebuat jalan macet πŸ™‚

Singkat cerita saat kita tiba di Hotel Mahohara tinggal bilang ke Bapak satpam nya, mau ikut tour sunrise, nanti akan di info di mana lokasi registrasi nya. saat di meja registrasi kita membayar tiket nya,

Harga Tiket Sunrise Candi Borobudur

Biaya Tiket untuk melihat Sunrise / Matahari terbit cari puncak Candi Borobudur sbb:
Untuk orang dewasa:
Wisatawan Asing : IDR 450.000
Wisawatan Domestik: IDR 325.000
Harga Kalo kita menginap di Hotel Manohara : IDR 275.000

Info :
Tiket Sunrise yaitu tiket untuk kunjungan saat Sunrise, berlaku mulai pukul 4.30 – 17.00 WIB
Tiket Sunset yaitu tiket untuk kunjungan saat Sunset, berlaku sampai dari pukul 06.00 – 18.30 WIB
Tiket tersebut berlaku untuk 1 x entrance sehingga apabila telah keluar dari area / Komplek Taman Wisata Candi Borobudur tiket tersebut sudah tidak berlaku,
Harga tersebut valid sampai dengan tgl 31 Desember 2018

Tiket tersebut dapat dibeli langsung saat kedatangan tanpa melakukan reservasi terlebih dahulu, biaya tersebut sudah termasuk teh / kopi serta makanan ringan saat  kembali dari candi Borobudur, awal kita akan di beri stiker sebagai tanda pengenal, karena saat kita turun jam  akan banyak sekali wisatawan yang datang, ini tujuan nya untuk mengenali kita masuk dari Hotel Manohara dan bisa balik lagi ke Hotel, jangan sampai hilang ya. dan juga kita di berikan pinjaman senter dan peta untuk menuju candi, dan saat kita selesai nanti jangan lupa mengembalikan senter nya, karena kita akan mendapat souvenir dari Hotel Manohara.

Tips melihat Sunrise di Komplek Candi Borobudur

Tip #1 Jika kita menginap di Jogya tidak bisa menggunakan Grab / GoCar, biasanya mereka akan nego harga di luar aplikasi, karena ada kemungkinan tidak ada penumpang arah ke Yogya, Rental Mobil lebih maksuk akal karena bisa sekalian tunggu dan kembali ke Yogya.

Tips #2 Jika kita menyewa Sepeda motor, kita juga bisa menempuh candi Borobudur dengan motor, waktu tempuh dengan motor sekitar 1 sd 1.5 jam tergangung kecepatan ( jarak nya sekitar 40 km )

Tips #3 Bangun lebih pagi, usahakan jam 4:30 tepat. sudah sampai di Hotel Manohara, tiket nya mahal, jadi maximalkan momen dengan sebaik baik nya, gerbang khusus ke komplek Candi Borobudur dari Hotel Manohara di buka tepat pukul 4:30 pagi.

Tips #4 Cek Perkiran Cuaca, bisa menggunakan AccuWeather di smartphone. jangan sampai kita sudah bayar mahal tetapi hujan.

Tips #5 Bawa perlengkapan untuk menahan hawa dingin dan angin kencang saat di puncak komplek Candi Borobudur.

Tips #6 Untuk Foto menjelang sunrise jangan lupa membawa tripod buat foto long exposure, kalo ada filter bawa juga, bawa full gear fotografi mu biat ga menyesal. dan menghindari flash untuk hasil maximal, dan juga biar ga menggangu yang main long exposure buat hunting sunrise πŸ™‚

Tips #7 Jangan bawa Drone, di larang di gunakan di komplek Candi

Tips #8 Jangan melakukan Vandalise di Komplek Candi Borobudur, dan juga jangan tinggalkan sampah botol minum, atau bungkus makanan. dan jangan naik di atas stupa. mari jaga bersama keindahan nya agar tetap abadi.

Beberapa moment yang saya abadikan saat sunrise di Komplek Candi Borobudur

Sunrise di candi Borobudur
Melihat Sinar Matahari di balik Stupa Candi Borobudur, Kabut masih terlihat tebal.
Sunrise Candi Borobudur
Sunrise Borobudur
Pagi itu langit telihat cerah, tidak banyak awan yang menutup pemandangan
Candi Borobudur
Bermain dengan Siluet Stupa candi Borobudur
Silhouette candi Borobudur
Candi Borobudur Magelang.jpg
Candi Borobudur

Kesimpulan, Melihat Sunrise di Komplek Candi Borobudur : Yay or Nay?

Jujur untuk saya yang biasa traveling on budget, biaya tiket masuk Sunrise tour ini tergolong mahal. apalagi jika di bandingkan dengan tiket reguler, tetapi kenyataan nya di saat saya datang ini pengunjung nya lumayan banyak saya harus beberapa kali antree untuk pengambilan spot agar terlihat bersih tanpa turis. ini bisa terjadi karena memang pemandangan dan suasana nya sungguh sungguh indah, impressive & Magical somehow uniqe. Pemandangan di pucak candi Borobudur sangat pempesona, baik saat sebelum matahari terbit, saat langit masih gelap dan penuh bitang dan lampu kota terlihat gemerlap.

Menurut saya pribadi kita bisa datang ke sini sesekali, untuk merasakan keindahan nya, yang sulit saya ungkapkan :). dan yang bisa benar benar menikmati pemandangan sunrise. sayang misal mengajak anak anak tetapi belum mengerti, atau mengajak orang tua yang tidak tahan dingin dan angin, lebih baik kalo mereka di ajak masuk setelah jam 06:00 pagi karena tiket nya jauh lebih murah. perbandingan nya Rp 325.000 tiket sunrise mahohara vs Rp 30.000 tiket regular.

Atau bisa mencari beberapa opsi melihat sunrise di bukit sekitar candi Borobudur, yang menawarkan keindahan Sunrise dengan foregroud candi borobudur secara utuh, salah satu nya di Nirwana Sunrise spot di phutuk setumbu.

Sunrise Tour Berakir, Kembali ke Yogyakarta

Saya turun dari Candi Borobudur sekitar pukul 07:00, lalu santai sejenak menikmati snack dan teh, lalu kembali dan tiba di Yogyakarta pukul 08:00 untuk melanjutkan aktivas.

Selamat Berlibur!

Ditulis oleh

Ngeblog untuk ninggalin jejak ...

3 respons untuk β€˜Harga tiket dan cara melihat matahari terbit / sunrise di balik stupa Candi Borobudur’

1. Good day Cara Menikmati Sunrise di balik stupa Candi Borobudur – Fanyanto Eko Cahyo

* With us, you get all the marketing tips and tools you need to:
    – Driving Traffic to your Website, Product or Project !
    – Find your audience, build a relationship and sell your products !
    * We value your privacy and would never spam you: http://bit.ly/Email_Money_Online