Explore tempat hunting fotografi dan spot instagramable di Pulau Dewata, Bali Tahun 2018

Kali ini saya mau bebagi spot spot landscape Photography yang cocok juga buat liburan bersama keluarga saya kunjungi di Pulau Dewata pada saat libur lebaran 2018, tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan saya sebelum yaitu eplore bali jalur darat menginap di TN Baluran, tujuan saya buat ninggalin jejak plus tag lokasi dari google map biar tidak kesasar lagi kalo ke sini, karena beberapa lokasi saya mendapat informasi tag location yang salah πŸ™‚ , oh ya spot spot berikut ini saya explore dengan menggunakan kendaran pribadi ya jadi tinggal set lokasi tujuan di Waze / Google map, untuk transportasi umum bisa googling lagi πŸ™‚

1. Pura Batu Bolong – Tanah Lot

Saya berangkat dari Surabaya, spot pertama saya ke Pulau Dewata ini adalah spot Fotografi Karang Bolong, saya belum tau lokasi spot karang bolong ini saya mencari referensi dari media sosial dan banyak yang tag lokasi di Pantai Karang Bolong.

dari informasi tersebut sata set gogle map / waze menuju spot pantai karang bolong. tetapi ternyata spot tesebut memang bernama pantai karang bolong, tetapi tidak ada POI karang bolong yang saya maksud. waduh… korban tag asal asalan neh hehe… akhir nya jurus pamungkas di keluarkan, saya tunjukan foto POI karang bolong dan bertanya ke beberapa penjual dan tukang parkir, mendapat info lokasi nya sama dengan Tanah Lot. dan sebutan POI yang benar adalah PURA BATU BOLONG, buru buru deh pindah lokasi buat kejar sunset, tetapi hari itu masih kurang beruntung saya terjebak macet, jadi waktu kurang mencukupi untuk mengejar sunset. untung nya masih sempat foto dikit di tepi tebing.

Sekilas Tentang Spot Pura Batu Bolong

Dinamakan seperti itu karena Pura ini dibangun di atas batu karang yang berlubang. Tempat ini digunakan untuk upacara melasti. Upacara ini biasanya diadakan tiga atau empat hari menjelang Hari Raya Nyepi. Tujuannya sebagai penyucian diri umat Hindu agar kembali suci sebelum melakukan ritual Nyepi. Mereka akan berbondong bondong menuju ke sumber air yang dianggap suci untuk bersembahyang sekaligus membersihkan peralatan keagaamaan.

Pura Batu Bolong, salah satu spot yang favorit di dalam kawasan pura Tanah Lot, banyak wisatawan menghabiskan waktu untuk menikmati sunset di lokasi ini.

Info : banyak blog menuliskan dan memberi arahan ke “Pantai Batu Bolong” untuk mencapai lokasi ini, informasi tersebut kurang tepat.

Informasi Terkait Tanah Lot – Pura Batu Bolong

#1 Lokasi sangat padat dan macet menjelang sunset, apalagi pada musim libur, lebih baik datang agak siang agar bisa mengejar moment sunset.
#2 Jangan lupa menggunakan tabir surya, panas sekali di siang hari
#3 Jam operasional 07:00 – 19:00 WITA
#4 Tiket Masuk Domestik: Rp20.000 (dewasa) dan Rp15.000 (anak-anak)
#5 Siapkan memory ponsel atau kamera yang banyak, spot ini termasuk spot tebaik di pulau Dewata.

Karang Bolong, Tanah Lot
Pura Karang Bolong, Tanah Lot | Taken with Huawei P20 pro Ai Mode
Potrait Photo di Karang Bolong - Tanah Lot
Potrait Photo di Karang Bolong – Tanah Lot | Taken with Huawei P20 Pro Ai Mode
Pura Tanah Lot | Taken By ILCE6000
Senja di Pura Tanah Lot | Taken By ILCE6000

2. Danau Buyan

Sebagai objek wisata alam, kawasan danau Buyan Bali lebih populer dikalangan warga lokal dibandingkan wisatawan, lokasinya di desa Pancasari, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng. Danau Bratan lebih di kenal dan menjadi pusat destinasi wisatawan, tetapi Danau Buyan menawarkan suasana yang berbeda selain keindahan alam yang masih alami, di danau ini suasana yang lebih sepi dan Tenang. di sini juga ada tempat  untuk mendirikan tenda. untuk menikmati suasana alam. saat ini di sekitar Danau buyan mulai banyak spot spot instagramable, buat exist di sosial media

Danau Buyan
Danau Buyan mewarakan wisata alam yang lebih sepi dan tenang. | Taken with ILCE-6000
Giant Swing Danau Buyan
Di Danau Buyan juga ada Giant Swing yang lagi trending di sosial media | Taken with Huawei P20 Pro Ai Mode

3. Danau Tamblingan

Kalo sudah di bedugul jangan lewatkan ke Danau Tamblingan, di danau tamblingan ini seperti gabungan dua danau yang terkenal di Bali, yaitu  Danau Bratan yang terkenal dengan icon Pura nya, dan Danau Bayan yang terkenal dengan keindahan alam nya yang masih asri dan tempat bumi perkemahan.

di sini kita bisa melihat Pura dan bumi perkemahan yang masih Asri. cocok untuk quality time dengan keluarga plus hunting landscape :), spot nya juga instagramable buat exis di sosial media. dan yang utama tidak telalu ramai pengunjung. πŸ˜€

Danau Tamblingan dengan landscape alam nya yang mempesona
Danau Tamblingan dengan landscape alam nya yang mempesona | Taken with Huawei P20 pro Ai Mode
Pura Ulun Danu Danau Tamblingan
Pura Ulun Danu dengan bertang alam Danau Tamblingan | Taken With ILCE-6000

4.  Jatiluwih – Situs Warisan Budaya Dunia

Tempat wisata di Bali tidak melulu pantai, di daerah Tabanan tepat nya di Jatiluwih kita akan melihat eco wisata bentang alam sawah terasering. sebenar nya ada banyak lokasi pemandangan terasering, tetapi yang menarik di Jatiluwih, di sini adalah lokasi sawah terasering yang paling luas di Bali, dan di sini Organinasi untuk pengairan sawah yang di kenal dengan nama Subak masih terjaga dengan teratur, karena itu Jatiluwih di nobatkan UNESCO sebagai Situs Warisan Budaya Dunia.

untuk lanscape di sini kita bisa berburu sunrise atau suasana pagi di areal terasering persawahan.

Terasering Jatiluwih
Terasering Jatiluwih | Taken with ILCE 6500
Sunrise di Jatiluwih
Sunrise di Jatiluwih | Taken with ILCE 6500

5. Kintamani, pesona keindahan alam pegunungan.

Jika dari denpasar untuk menuju kintamani membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam, di kintamani kita bisa melihat pesona alam gunung batur, danau batur, spot Panelokan ketinggian lokasi ini kurang lebih 1500mdpl salah satu spot yang di kenal memiliki pemandangan gunung batur yang mempesona, dan akses nya sangat mudah di pinggir jalan kita bisa sambil bersatap di restoran dan menikmati pemandangan gunung batur, kalo mau sedikit adventure bisa menuju desa pinggan. di pinggan kita akan merasakan suasana desa dan alam yang lebih kental. cuma kalo ke sini harus extra hari hari, jalan nya lumayan sempit dan banyak tikungan tajam dan tanjakan. dan kadang kabut datang di pagi hari mebuat jarak pandang terbatas.

Pesona bentang alam desa pinggan dan galaxy bima sakti di malam hari
Pesona alam desa pinggan dan galaxy bima sakti di malam hari | Taken with ILCE 6000
Star Trail di atas gunung batur
Star Trails di atas gunung batur | Takeb with ILCE-6000
Suasana Pagi di desa pinggan
Suasana Pagi di desa pinggan | Taken with Huawei 20 Pro

6. Bendungan Tukad Yeh Unda, Wisata sungai yang instragramable.

Spot selanjutnya adalah Tukad Yeh Unda, kalo spot ini fix buat selfie, potrait buat update di sosial media. lokasi nya di daerah klungkung, bisa di google dengan kata kunci Tukad Yeh Unda, tampilan nya akan memukau dengan bendungan di sungai yang mirip air terjun.

Wefie di Bendungan Tukad Yeh Unda
Wefie di Bendungan Tukad Yeh Unda | Taken with ILCE-6500
Bendungan Tukad Yeh Unda
Bendungan Tukad Yeh Unda | Taken with ILCE 6500
Bendungan Tukad Yeh Unda
Bendungan Tukad Yeh Unda | Taken with ILCE – 6500

7. Pantai Karang Sanur

Objek wisata karang sanur ini memiliki daya tarik pantai pasir putih dengan ombak nya yang tenang, kita bisa bermain air dengan keluarga atau bisa menyewa kano. jika datang pagi hari spot ini merupakan spot sunrise yang dekat dengan kota Denpasar.

sayang untuk melewatkan sunrise di pantai karang sanur kalo sedang berlibur di Denpasar. gar tidak keinggalan moment sunrise, minimal kita harus sampai di pantai karang sanur pukul 06:00 WITA.

Menikmati sunrise di Pantai Karang Sanur
Menikmati sunrise di Pantai Karang Sanur | Taken with ILCE 6000
Pantai Karang Sanur
Pantai Karang Sanur

8. Big Garden Corner, buat wefie bersama keluarga πŸ™‚

Big Garden Corner ini adalah tempat nongkong yang keren, buat yang suka selfie dengan latar bekang yang unik, di daerah sanur.berikut ini sebagian dari POI yang menarik di Big Garden Corner.

  • Patung batu dalam jumlah banyak.
  • Replika arca dan miniatur candi Borobudur yang memiliki tinggi 5 meter.
  • Rumah pohon ukuran kecil.
  • Jalan setapak terbuat dari kayu, dengan atap batang pohon dengan bentuk menyilang.
  • Banyak tempat duduk untuk bersantai dengan bantal dan kursi warna – warni.
  • Jalan setapak dengan atap payung warna – warni.
  • Restoran & taman bermain anak.
  • Tempat parkir kendaraan sangat luas.

Ditulis oleh

Ngeblog untuk ninggalin jejak ...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.