Galaxy Bimasakti di Taman Nasional Baluran

Tahun 2018 ini libur lebaran ditambah cuti bersama lumayan panjang di banding tahun tahun sebelum nya, tidak menyia nyiakan momen ini kami sekeluarga berencana liburan bersama ke bali dengan mengunakan mobil pribadi dari Surabaya ke Denpasar, sayang nya detik detik terakir adik dan suami nya tidak bisa ikut, karena sudah di planing jauh hari, jadi show must go on :), akhir nya saya bersama istri dan ibu tetap melanjutkan rencana ini.

Karena saya menyetir sendiri dan tidak ada pengganti nya, kami merencanakan di tengah perjalanan menginap di daerah Situbondo, selain untuk safety, juga buat hunting spot di daerah Situbondo, dan Taman Nasional Baluran menjadi pilihan kami. lokasi nya di antara Situbondo dan Banyuwangi.

Sekilas tentang TN Baluran.

Akses menuju Taman Nasional Baluran sangat mudah karena berada di jalan antar provinsi, atau terletak di perbatasan Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi, Di lokasi ini terdapat gunung Baluran, di dalam Taman nasional kita bisa melihat miniatur hutan Indonesia karena hampir semua tipe hutan terdapat di Taman Nasional Baluran, kita bisa menjelah hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun, dan yang paling khas dari wilayah ini adalah hamparan savana yang luasnya menutupi kurang lebih 40% wilayah Baluran. Keberagaman tipe hutan inilah yang membuat banyak peneliti dan akademisi tertarik untuk melakukan penelitian maupun study wisata.

Berangkat ke Situbondo

Mulai siang istirahat biar malam tidak ngantuk, pukul 21 sudah siap siap dan beres beres, pukul 22:00 tepat berangkat dari surabaya, berkendara malam hari ngeri ngeri sedap, jalan an rata rata sepi dan lancar.

Tips: TN Baluran jam operasional nya pukul 07:30 sd 16:00 untuk bisa masuk di luar jam tersebut kita harus Ijin dulu 1 hari sebelum kedatangan,

Pemampakan pintu masuk TN Baluran, saya ambil dari google
Koordinat yang saya gunakan biar tidak terlewat saat mendekati lokasi

Untuk bantuan navigasi saya menggunakan bantuan waze dan google map. saya tiba di pintu masuk TN Baluran pukul 03:30, saya langsung menemui petugas yang jaga untuk melapor dan meminta ijin masuk sebelum jam operasional, petugas jaga pun mengecek, di buku tamu, dan tertera nama saya sudah meminta ijin sehari sebelum nya, petugas mencocokan kan dengan kartu identitas saya dan saat semua nya lengkap kami di perbolehkan masuk. dari pos masuk menuju spot sunrise di TN Baluran jarak nya hanya 12km, tetapi waktu tempuh dengan mobil mencapai 1.5jam karena kondisi jalan nya kurang baik menjurus parah, jadi harus extra hati hati.

Menerobos hutan saat langit masih gelap, ngeri ngeri sedap πŸ™‚

Sunrise di Pantai Bama

Salah satu alasan saya berangkat malam dari surabaya untuk mengejar moment sunrise di pantai Bama,
Pantai ini masuk di dalam kawasan TN Baluran.

Tips: saat di Pantai Bama bawa lotion anti nyamuk, di pantai ini ada hutan bakau dan nyamuk nya lumayan banyak. kita juga akan menemui banyak satwa monyet, jamgan memberi makan apapun ke satwa yang ada di Taman Nasional Baluran, karena semua harus di jaga kelestarian nya termasuk rantai makanan alami.

Pantai Bama - Taman Nasional Baluran
Sunrise di pantai Bama

Tidak sia sia perjuangan berangkat malam dan menerobos hutan, akhir nya bisa tiba di pantai Bama tepat waktu, pantai ini menjadi lokasi awal saya untuk hunting spot foto di Taman Nasional Baluran, suasana nya tenang dan istagramable πŸ™‚
Pantai Bama memiliki jalur atau tracking di hutan bakau, kita bisa jalan jalan menyusuri hutan bakau, dan melihat burung burung liar beraneka ragam yang mendiami hutan bakau, jangan lupa siapkan lotion anti serangga dan nyamuk πŸ™‚ kalo mau explore hutan bakau nya.

Setelah puas mengexplore Pantai Bama, saat nya menuju penginapan, di dalam perjalan dari pantai bama kita akan meliat banyak pemandangan yang tidak kalah indah nya.

Menjelalah Taman Nasional Baluran

Padang savana bekol terhampar luas dalam perjalanan menuju wisma, tidak ada salahnya berhenti dulu dan ber selfie ria πŸ™‚

TN Baluran Juga di kenal sebagai Africa Van Java

Kalo kamu datang di musim kemarau, padang savana akan kering, dan pohon pohon meraggas, memberikan suasana yang berbeda. TN Baluran mendapat julukan Africa van java.

mumpung masih siang saya melanjutkan menjelajah ke daerah Hutan Evergreen, hutan ini juga masih di dalam lingkungan TN Baluran, di hutan ini akan selalu hijau dan rindang sepanjang tahun. dari arena yang gersang sekarang saya masuk di lokasi yang teduh dan menyegarkan πŸ™‚ di tambah banyak kupu kupu di sepanjang jalan.

Explore Hutan Evergreen

Aktifitas yang bisa di lakukan di TN Baluran

#1 Menikmati dan bermain pasir dan air di Pantai, snorkling untuk melihat biota bawah laut, Exolore padang savana, Hutan bakau, Hutan Tropis, begitu banyaj pilihan exlpore alam di sini dan semua nya alami, bukan buatan atau sebuah taman. jadi kewaspadaan tetap harus di jaga.

#2 Mengamati kehidupan hewan liar, berbagai mancam hewanliar ada di sini, mulai dari kupu kupu, ayam hutan, merak, rusa, kerbau, monyet, konon info dari penjaga ada macan juga, teapi jarang terlihat. dan banyak sekali hewan liar di sini.

#3 Ada beberapa destinasi lain seperti Gua Jepang, Curah Tangis, Sumur Tua, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, Pandean atau Candi Bang yang bisa di kunjungi, semua nya ada di dalam kawasan TN Baluran.

#4 Meliat Sunrise sunset dan susana malam di dalam hutan. ( kalo kita menginap di dalam kawasan TN Baluran )

Hunting Pesona Malam di Taman Nasional Baluran

Sebenarnya ini adalah ulasan saya yang kedua di blog ini, sebelum nya saya pernah menguas juga saat saya pertama kali mengunjungi TN Baluran saat pulang dari mendaki di kawah Ijen. kali ini saya lebih fokus mengulas suasana malam nya, TN Baluran benar benar meberikan suasana yang sangat berbeda, langit malam bertabur bintang, tidak ada bising kendaraan bermotor, yang ada surara binatang malam yang saling bersautan. benar benar damai. di samping itu Sudah lama saya ingin hunting night atau astrophotography di kawasan TN Baluran, dan ternyata  malam itu di berikan cuaca yang cerah, benar benar luar biasa pemandangan malam di TN Baluran malam itu, spectakuler, tidak ada awan mendung, saya bisa meliat gugusan galaxy bimasakti dengan kasat mata, luar biasa :).

Mencari Galaxy Bimasakti di Taman Nasional Baluran
Berburu Bimasakti
Galaxy Bimasakti di Taman Nasional Baluran
Jika Langit Cerah, kita bisa melihat bintang dan galaxy bimasakti dengan jelas di Taman Nasional Baluran
Pesona langit malam di Baluran dengan Galaxy Bima Sakti - Milky Way
Pesona langit malam di Baluran dengan Galaxy Bima Sakti – Milky Way
Star Trails di Baluran

Penginapan di Kawasan Taman Nasional Baluran

Wisma Rusa, salah satu penginapan di Taman Nasional Baluran

Untuk Penginapan di Taman Nasional Baluran, di dalam kawasan Taman Nasional Baluran ada dua lokasi, yaitu di Savana Bekol dan Pantai Bama, kita bisa pilih lebih suka suasana pantai atau savana, untuk penginapan di dalam kawasan TN Baluran, yang perlu di perhatikan di sini, sebaiknya kita bawa persiapan makan sendiri agar tidak bolak balik keluar kawasan hanya untuk beli makanan, mengingat menempuh 12km saja butuh waktu 1.5 jam, karena akses nya susah. dan untuk aliran listrik di Savana bekol dan pantai bama hanya menyala dari jam 18:00 sd 22:00 selain itu tidak ada aliran listrik.

Harga Sewa Wisma di dalam TN Baluran

Wisma di Savana Bekol
Wisma Rusa : Rp 100.000,-/kamar/2 orang.
Wisma Merak : Rp 150.000,-/kamar/2 orang.
Wisma Banteng : Rp. 400.000,-/wisma/4 orang.

Penginapan di Pantai Bama
Wisma Pilang : Rp. 200.000,-/wisma/2 orang.

No Reservasi
082332213114 (Trihari)
(+62) 333461936

Ini informasi harga terbaru yang saya dapat, harga bisa berubah sewaktu waktu ya. kalo ada info harga terbaru boleh di share, saya update di sini

Lokasi Penginapan di dekat pintu masuk TN Baluran

Untuk opsi penginapan di luar kawasan TN Baluran kita bisa mencari home stay di desa wisata kebangsaan, yang tepat berada di sebelah pintu keluar TN Baluran. merskipun homestay untuk fasilitas di desa ini jelas lebih lengkap di bandingkan di dalam kawasan TN Baluran.

cuma untuk hunting malam dan sunrise di pagi hari,tidak bisa bebas, harus ijin ke POS pintu masuk di TN Baluran satu hari sebelum nya.

Kesimpulan saya tentang Taman Nasioal Baluran

Jika dan hanya jika kamu suka dengan dan ingin melakukan ini:
#1 Melihat langit bertabur bintang
#2 Merasakan suasana yang tenang, dan jauh dari kebisingan kota.
#3 Bounding dengan anggota keluarga, bercerita, masak bersama dan makan bersama tanpa gangguan gadget, dan sosial media, karena saya pastikan di dalam TN Baluran kita akan sangat susah mendapatkan layanan data. hehe.
#4 siap dan sedia pukul 22:00 listrik mati. ( sebenar nya ini bisa di kondisikan, kita bisa sewa genset sampai pukul 6:00 pagi )
kalo kamu setuju dengan 4 poin di atas , jangan ragu ragu untuk mencoba menginap di Taman Nasional Baluran. dan rasakan sensasi nya πŸ™‚

Matahari Terbit bisa juga di lihat dari Savana Bekol.
Matahari Terbit bisa juga di lihat dari Savana Bekol. Taman Nasional Baluran, foto ini saya ambil saat akan keluar dari kawasan TN Baluran, untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Dewata

Sampai Jumpa lagi di tulisan selanjut nya.

Ditulis oleh

Ngeblog untuk ninggalin jejak ...

2 respons untuk β€˜Explore Bali jalur darat dari Surabaya – Banyuwangi – Denpasar, sambil hunting landscape dan night photography di Taman Nasional Baluran.’