Menikmati cityscape jakarta pada saat blue hour

Sore itu matahari bersinar terik sebelum terbenam, tidak banyak awan mendung, berlahan cahaya mulai hilang dan ada sebuah fenomena alam di mana langit menjadi berwarna biru pekat, kontas dengan lampu lampu kota, yang di kenal dengan bluehour moment.

Saat mencoba pertama kali foto cityscape pada saat bluehour, beberapa menit suasana yang di tangap lensa semua nya di dominasi warna biru pekat. sangat mempesona.

Untuk foto saat bluehour kita butuh beberapa peralatan.

  1. Tripod, ini adalah wajib kalo kita mau foto bluehour, karena kebanyakan foto bluehour menggunakan teknik long exposure.
  2. ND Filter untuk menghasilkan light trail yang panjang di single frame, tanpa harus blending beberapa foto.
  3. Lensa, saya ada lensa wide, dan tele, cityscape tidak harus lensa wide atau tele semua bisa di gunakan sesuai kebutuhan
  4. neck strap wajib, teman pernah mengalami kamera nya jatuh dari rooftop.jadi strap wajib di gunakan untuk menghindari hal hal yang tidak di ingin kan, masalah nya lebih besar jika jatuh dan menimpa seseorang

Ada beberapa cara kita bisa foto cityscape, khusus nya di jakarta, yang pertama kita foto dari rooftop gedung gedung tinggi, sayang nya rooftop adalah restricted area , dan tidak semua orang boleh naik ke rooftop, untuk bisa foto di rooftop kita bisa mencari di grup grup cityscape yang sedang mengadakan hunting di rooftop, dan biasa nya berbayar karena harus mengurus ijin dan sebagainya, kecuali anda bekerja di gedung tsb dan punya akses ke rooftop πŸ™‚

Monas Bluehour moment
Monumen Nasional

Lokasi ini saat awal saya mengenal cityscape, saya ambil foto ini dari gedung sapta pesona. kita tidak bisa ambil foto dari lokasi ini setiap saat, ini saya ambil waktu ada acara hunting foto cityscape di gedung sapta pesona.

 

Jakarta cityscape Sona Topas
Foreground Helipad dengan backgound kota Jakarta di saat bluehour

Infinity pool dengan latar belakang gedung pecakar langit sudah mainsteam di sosial media, bagaimana kalo helidpad dengan latar belakang gedung pencakar langit πŸ™‚ , sama seperti lokasi sebelum nya gedung sona topas ini tidak bisa di akses secara umum, harus mengunggu saat ada acara hunting cityscape bersama.

 

Kuningan City - Jakarta Cityscape
Perumahan warga yang di kepung gedung pencakar langit

lokasi ini sangat menarik buat saya. cityscape nya luas bisa melihat banyak gedung gedung tinggi yang berhadap hadapan dengan perumahan warga. lokasi nya di kuningan city.

 

Jakarta cityscape - sahid hotel
Jakarta Cityscape

Lokasi ini menjadi spot favorit saya untuk cityscape. kita bisa foto dengan jelas gedung gedung tinggi di sepanjang jalan Sudirman jakarta. saya mengambil foto ini dari Hotel Sahid Jakarta.

 

Cityscape-1-2
Pemandangan kota jakarta – Simpang Susun Semanggi

Simpang Susun semanggi amat menawan saat di abadikan di waktu bluehour, banyak gedung di sekeliling simpang susun semanggi untuk tempat foto, tetapi lagi lagi rooftop nya tidak bisa di akses umum.

 

Central Park.jpg
Central Park, Jakarta Barat – Memiliki pemandangan gedung yang menawan.

Central Park termasuk lokasi area yang tidak boleh menggunakan tripod untuk pengambilan foto. jadi tetap harus mengurus ijin untuk menggunakan tripod dan foto gedung nya.

Cara Ke dua selain rooftop yaitu menggunakan lahan parkir gedung atau jembatan penyebrangan, bisa juga di balik jendela kaca di gedung yang bisa di akses publik, cuma untuk foto di balik kaca kita butuh tambahan alat sbb

lenskirt
Lenskirt, untuk menghilangkan refleksi saat kita foto di balik kaca.

 

Jakarta Traffic
JLNT Kasablanka memiliki cityscape yang menawan di saat bluehour.

Untuk melihat spot di jembatan penyerbangan saya biasa naik Transjakarta dan menyusuri jalur jalur Busway. tinggal stop dan foto dari jembatan penyebrangan nya πŸ™‚

 

Jakarta Barat
Tol Dalam Kota, Slipi

Cityscape yang di ambil dari bawah memiliki sudut pandang yang berbeda dari rooftop, dan masing masing memiliki keindahan sendiri sendiri.

 

 

Jakarta (1 of 1)
Salah satu foto yang saya ambil menggunakan Tele 100mm

Tidak selalu mengunakan lensa Wide, lensa Tele juga bisa di gunnakan untuk cityscape.

 

Jakarta (1 of 1)-2
Pemandangan Tol Dalam kota – Grogol Jakarta barat, dari Apartemen Menara Latumenten

Jika ada teman atau kolega yang tinggal di apatemen kita juga bisa pinjam balkon nya atau bisa foto di balik jendela yang ada.

kalo ada refenensi spot yang menarik di jakarta mohon info info di kolom komentar buat sharing πŸ™‚
Happy Hunting

 

 

Ditulis oleh

Ngeblog untuk ninggalin jejak ...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.