Berbagi Tips dan persiapan yang di perlukan sebelum wisata ke Beijing China

Moring in Beijing

Waktu mendapat jadwal business trip ke Beijing. Yang terlitas pertama kali di imajinasi saya, langsung minta request cuti untuk extend dan jalan ke tembok besar china.

Lalu banyak sekali pertanyaan mulai dari bagaimana cara ke sana. Menggunakan jasa tour atau solo, bagaimana mengatasi kendala bahasa, dan butuh persiapan apa saja. Maklum ini adalah perjalanan pertama saya ke Beijing China.

Sebelum nya kalo di Hongkong dan Macau yang juga merupakan bagian dari China tidak terlalu bermasalah karena masih banyak yang bisa komunikasi dengan bahasa Inggris dan banyak petunjuk menggunakan bahasa inggris. Sedangkan di Beijing China lebih terbatas untuk komunikasi dan informasi nya, belum lagi keraguan soal firewall china yang memblok aplikasi yang bisa saya gunakan untuk navigasi dan sosial media.

Di sini saya akan coba merangkum semua pengalaman pribadi saya, tentang tips dan persiapan saya sebelum ke Beijing pada bulan November 2018.

  1. Visa, untuk ke china kita harus mengurus visa, sebelum mengajukan visa china, cek dulu passport nya minimal masih berlaku 6 bulan saat keberangkatan kita, bukan tanggal saat mengajukan visa, jika masa berlaku passport aman, bisa cek langsung ke https://www.visaforchina.org/JKT_EN/ , untuk pengalaman saya mengurus visa china sendiri tanpa calo bisa klik di sini

    dav
    Visa China
  2. Persiapan waktu traveling dan kenali lokasi lokasi yang akan di tuju, di China ada 4 musim dan pastikan kamu melakukan riset saat kamu datang ke Beijin sedang berlangsung musim apa. Agar tidak salah kostum dan perlengkapan
    • Spring/Musim semi (April – May)
    • Summer/Musim Panas (Jun – Ogos)
    • Autumn/Musim gugur (September – Oktober)
    • Winter/Musim dingin (November – March)
    • Untuk melihat forcast prakiraan cuaca saya menggunakan app Accu weather di Android.
    • link untuk melihat via web Accu Weather Beijing
    • Baca – baca sekilas lokasi yang akan di tuju. Biar tidak bingung begitu sampai. Kecuali kamu pakai tour guide yang bisa memberikan penjelasan. situs – situs sejarah di China sangatlah banyak dan semua mengandung nilai yang tinggi sebagai bukti peninggalan sejarah ribuan tahun yang lalu.
  3. Kendala bahasa, Masyarakat China menggunakan bahasa mandarin sebagai bahasa resmi, saya sendiri tidak mengerti sama sekali bahasa mandarin, untuk mengatasi masalah ini saya mencari jalan pintas dengan menginstall beberapa aplikasi translator di Android, dalam perlakasaan nya saya yang tidak bisa bahasa cina dan membaca tulisan china, sangat terbantu dengan aplikasi ini, sangat berguna di mana saat yang penting dan tidak ada orang yang bisa bicara bahasa inggris. Khusus Google berguna buat translate tulisan china menjadi alfabet dengan mengarahkan kamera saja.
  4. Siapkan itinerary dan fokus pada jadwal. bagi saya ini kesempatan pertama ke Beijing, tentu saya ingin mengunjungi sebanyak banyak nya lokasi menarik di Beijing. Tapi saya harus realistis, dengan waktu yang ada saya ingin memaksimalkan lokasi yang saya tuju dan harus menikmati nya. Bukan pada banyak nya lokasi yang bisa saya datang, setelah menentukan lokasi lokasi yang ingin di kunjungi, cek dengan detail cara pergi dan pulang ke masing masing tempat tujuan. Sebagai contoh misal kita mau ke Temple Of Heaven,C ek jam operasional nya, cek nama Lokasi Stasiun Metro terdekat nya, mau exit di pintu berapa, jam terakir transportasi dari lokasi tersebut untuk kembali ke hotel kita juga perlu agar kita tidak terlambat naik transportasi terakir.
    link contoh jadwal yang saya buat

    itinerary contoh
    Buat Jadwal dengan detail agar nyaman dalam perjalanan
  5. Persiapkan Nama Hotel / airport / Halte dan lokasi yang akan menjadi patokan patokan yang kamu anggap penting  dengan bahasa mandarin, ini akan sangat membantu saat bertanya arah kepada penduduk lokal di sekitar lokasi yang kamu tuju atau sangat berguna untuk di tunjukan ke sopir taxi saat kita tersesat, saat explore di china saya biasa foto Halte / Stasiun subway buat jaga jaga untuk bertanya untuk arah kembali.
  6. Trasportasi Umum, untuk cek rute dan navigasi applikasi yang selalu saya pakai Metro beijing subway , Goggle Map Go dan Navigation for Google Map Go

    fanyanto-beijing-apps.jpg
    Applikasi Navigasi yang selalu saya pakai di Beijing.
  7. Yikatong kartu transportasi di beijing, Selama di Beijing saya banyak menggunakan moda transportasi subway dan bus. dengan kartu ini tidak perlu antri lagi di ticket machine di subway, dan mendapat diskon saat naik Bus.
    IMG_20181122_105350-01.jpeg
    Yikatong Card untuk bayar trasportasi Subway dan Bus di Beijing

    untuk mendapatkan kartu ini kita harus membayar deposit 20 Yuan, misal kita bayar 50 Yuan, 20 yuan menjadi deposit dan 30 Yuan bisa kita pakai untuk naik subway dan bus. lokasi beli kartu ini bisa di stasiun Airpot line di bandara, atau di stasiun subway.

  8. Menggunakan Subway untuk menjelajah Beijing adalah pilihan yang tepat dan juga ramah di kantong πŸ™‚
    bagi yang baru pertama kali menggunakan subway link ini berisi pengalaman saya menggunakan subway di beijing
  9. Internet di Beijing China terkenal paling ketat proteksi / filter / blok koneksi ke website search engine seperti Google atau social media seperti Facebook, Instagram atau Chat seperti LINE. jadi kalo kamu akan menggunakan simcard lokal, kamu butuh program vpn di smatphone kamu. dan harus di install sebelum sampai ke china. karena google play pun di block di china. koneksi vpn sangat banyak bisa di pilih yang sesuai dengan kantong :), di kesempatan kali ini saya menggunakan provider lokal indonesia dan mengaktifkan fitur data roaming dan hasil nya lumayan bagus, saya tidak perlu mengunakan VPN apa pun, tetapi tetap bisa membuka semua applikasi yang di blok oleh China great firewall nya. saya menggunakan Telkomsel prabayar “Internet PROMO Asia Australia 7 Hari” Rp 250.000, dan menggunakan XL pascabayar XL Pass Rp 200.000, review ke dua nya sama sama nyaman saat di pakai di Beijing dan di greatwall signal lancar di jaringan China Unicom dan rata rata berjalan di 4G, untuk yang mau menggunakan China Mobile harus di pastikan Hp support jaringan 4G(TD-LTE: TD 2600/ TD 1900/ TD 2300/ TD 2500). opsi lain bisa sewa pocket wifi di indonesia yang rata rata di klaim juga plus vpn, jadi bisa tembus china great firewall.
  10. Gunakan Sepatu yang nyaman, apalagi kalo mau main ke Great Wall jangan gunakan crocs, slip on, atan sandal. gunakan sepatu yang nyaman.
  11. untuk colokan listrik saya tidak ada kendala menggunkan colokan listrik strandart indonesia, karena di china colokan yang di pakai di dinding rata rata uiversal jadi tidak usah converter lagi. mungkin yang perlu di bawa convereter dimana kita akan transit. ini contoh colokan yang selalu saya temukan di china. jadi tidak ada kendala.
    colokan listrik
  12. Bawa selalu Passport, Banyak Sekali Pemeriksaan di Beijing, terutama saat kan medekati Forbiden city, kita akan melewati pemeriksaan keamaan dan harus menunjukan passport. untuk setiap masuk station subway juga pasti akan melewati pemeriksaan keamaan, beda nya di subway kita tidak perlu menunjukan passport, tetapi kalo membawa botol minum pasti akan selalu di cek. terakir pemeriksaan di bandara ketat sekali sebaik nya kalo mau take off dari beijing tambahin spare waktu nya, jaga jaga jika antrian nya panjang πŸ™‚
  13. Uang Yuan, bawalah yuan dengan cukup jangan sampai kurang, pengalaman saya saat di beijing rata rata minta di bayar cash, seperti saat akan bayar hostel rata rata merea tidak mau di bayar kartu kredit dan minta di bayar cash, dan juga tidak semua tempat menerima Kredit card dengan logo Visa, lebih banyak Union pay, Alipay dan American Express.
  14. Jangan kaget ya
    • Jangan kaget jika melihat orang meludah sembarangan di jalan, atau anak-anak yang buang kotoran sembarangan.
    • Jangan kaget juga kalau jalan di tempat yang benar lalu nyaris diserempet sepeda atau skuter listrik.
    • Jangan kaget terdorong dorong turis lokal china yang bicara nya keras keras dan jalan nya nabrak2x karena ngejar tour leader nya yang sudah di depan kasih jalan saja biar mereka duluan πŸ™‚
    • Jangan kaget juga saat di metro berdesak desakan dan terdorong dorong saat ada yang keluar dari metro. cari posisi stabil saja dan amankan barang bawaan
    • Jangan kaget juga saat masuk ke Toilet umum
  15. Toilet di Beijing, Warga China umumnya menggunakan sistem toilet kering dan jarang bahkan tidak ada tisue yang tersedia, sebaiknya bawalah tisu basah atau toilet paper sendiri, banyak sekali yang bahas toilet di beijing ini, dan memang agak menyeramkan saat akan menggunakan toilet umum. tips saya sih mending sebelum keluar hotel, selesaian dulu urusan toilet sampai tuntas. kalo tinggal buang air kecil bisa tahan tahan napas dikit kalo sangat terpaksa di toilet umum, pengalaman saya di Nov 2018 kemarin, kalo menggunakan toilet di subway aman, sudah di kasih pewangi. kalo toilet umum di terminal bus, atau toilet umum di great wall isi nya menyeramkan. tips kalo di great wall gunakan toilet di sekitar lokasi pembelian tiket.di salah satu section greatwall ada toilet yang di desain nature, satu ruangan an ada beberapa lubang toilet tapi tanpa air dan tidak ada sekat sama sekali q(-_-)p
  16. Menyebrang jalan di china, china menganut sistem setir mobil disebelah kiri. dan mobil berjalan di sebelah kanan, Terbalik dengan di Indonesia. Pentingnya adalah ketika ingin menyebrang jalan. Lihat ke kiri dulu baru lihat ke kanan.
  17. Hati Hati dengan scam di china
    • Scam dengan mengajak masuk ke “tea house”, artikel nya bisa di browsing inti nya kalo ada yg mengajak di tolak saja.
    • Scam dengan pura pura mencari teman untuk melancarkan bahasa inggris,s ama dengan poin di atas, di tolak saja, karena ujung ujung nya mereka mengajak ke sebuah KTV / resto dll dan di charge harga gila.
    • Scam di terminal bus dengan mengarahkan bus yang salah / palsu, yang pelu di ingat kondektur bus yang resmi tidak akan jalan jalan mencari penumpang karena mereka sudah sibuk di pos nya untuk mengurusi penumpang yang ada, untuk kasus ini rencanapan planing dengan baik dan ikuti tanda tanda / sign resmi jangan muda tergoda / terhasut oleh orang orang itu, kadang mereka mengatakan bus lama datang nya, dengan menunjukan lokasi yang salah.
  18. itinerary saya di beijing ini terbilang tidak maximal karena saya 5 hari hanya di beijing, jadi tidak perlu di ikuti, karena saya melakukan ini di sela sela busines trip yang tidak bisa meninggalkan kota Beijing. ada bererapa trip yang menurut saya menarik dan bisa di pilih untuk melengkapi itinerary kamu, jika ingin menjelajah great wall, karena dalam perjalanan 5 hari ini, saya menjelajah 4 lokasi great wall yang masing masing section memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, jadi bisa di bandingkan dan di cocokan yang pas dengan itinerary kamu.

Happy holidays πŸ™‚

Ditulis oleh

Ngeblog untuk ninggalin jejak ...

4 respons untuk β€˜Berbagi Tips dan persiapan yang di perlukan sebelum wisata ke Beijing China’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.