Day 1: Cara ke Tembok Besar China Section Mutianyu (Great Wall of China), menggunakan Bus, Jalan jalan malam hari di Wangfujing.

Di hari pertama saya bebas dari acara business trip yang saya ikuti, saya pilih untuk menjelajah ke Tembok Besar China.

Sekilas tentang Mutianyu Great wall / Tembok Besar China bagian Mutianyu.

Total Tembok Besar China membentang sepanjang 21.000 km, khusus Tembok besar china yang dibagun dynasti Ming 8850 km, dan di sekeliling beijing membentang kurang lebih 500 km.
Mutianyu Great Wall ini merupakan salah satu bagian tembok besar china yang terkenal dan sangat di lestarikan, memiliki panjang tembok 5.4 km, lokasi nya 65km di sebelah utara kota Beijing.
Pertama kali dibangun oleh Qi Dynasty (550-557). di bangun kembali Pada Dinasti Ming (1368-1644) oleh Tan Lun dan Qi Jiguang, dua jendral patriotik yang terkenal, untuk memperkuat potensi pertahanannya, tembok ini juga berfungsi sebagai pelindung bagian utara untuk menjaga makam ibukota dan kekaisaran selama beberapa generasi.

Kenapa harus ke Mutianyu Great Wall

#1 Memiliki total 23 watchtower, dan beberapa Watchtower yang unik dan langka, Jarang ada di bagian Great Wall yang lain, misal nya watchtower no 6 yang di sebut juga Zhengguan Terrace, atau watchtower no 1 yang di kenal Big corner Tower yang bisa mengawasi 3 sudut tembok besar china.

#2 Memiliki bentang alam pegunungan yang indah.

#3 Jarak nya 65km dari pusat kota Beijing, reatif masih bisa di tempuh dengan nyaman menggunakan transportasi umum.

#4 Telah di renovasi dengan baik, membuat lebih mudah dan aman untuk didaki.

#5 Untuk menghemat tenaga dan ramah bagi anak anak atau orang lanjut usia bisa menggunakan Cable Car, untuk yang sedikit mencari tantangan bisa naik Chair lift dan juga Tobogan Slide.

Cara ke Mutianyu Greatwall dengan subway dan bus

#1 Pegi ke Dongzhimen Public Transport Hub (东直门交通枢纽) Sepagi mungkin.
Terminal Bus ini di bahasa china di sebut sebagai “东直门交通枢纽”, yang banyak di translate ke bahasa inggris seperti Dongzhimen Transit Hub, Dongzhimen Transportation Hub, Dongzhimen Public Transit Hub, Dongzhimen Transport Hub.

untuk mencapai Dongzhimen Public Transport Hub pertama tama kita harus ke Dongzhimen Subway Station, menggunakan Subway agar lebih mudah dan bisa mengikuti alur yang saya jelaskan di sini. Dongzhimen Subway Station bisa di akses menggunakan Subway Line 2 atau 13, untuk yang butuh informasi menggunakan subway pertama kali bisa klik di sini ,
Tips: datanglah lebih awal untuk mengejar jam keberangkatan bus sepagi mungkin, subway biasa beroperasi mulai pukul 5:30 Pagi.

fanyanto ke Mutianyu Greatwall 0
Turun di Stasiun Subway Dongzhimen

Setelah sampai di Dongzhimen Station dan turun dari kereta, Cari petunjuk Arah menuju Exit C

  • Pertama kamu akan melihat tangga naik dengan papan petunjuk Exit C
  • Selalu ikuti arah Exit C dan Bus Transfer Hal
fanyanto ke Mutianyu Greatwall 1
Setelah keluar Kereta cari arah keluar “Exit C”
fanyanto ke Mutianyu Greatwall 2
Selalu lihat dan cek petunjuk arah ke Bus Transfer Hall ( Exit C )

Setelah keluar dari Exit C, ikuti petunjuk foto di bawah ini sesuai arah jarum jam

  • Setelah mengikuti arah Exit C & Bus Transfer Hall saat keluar pertama kali kamu akan melihat peta seperti di bawah ini.
  • dari posisi pintu keluar Stasiun, di sebelah kiri akan terlihat convenience store Family Mart, kamu bisa beli roti atau minuman untuk bekal selama perjalanan di bus atau untuk di bawa saat hiking di Tembok China, dari pada beli di lokasi Tembok China yang pasti lebih mahal 🙂
  • gambar ke 3, Di arah serong kiri saat berdiri di depan pintuk keluar stasiun, kamu akan melihat restoran KFC. berjalanlah ke arah KFC.
  • gambar ke 4, di samping KFC ada pintu masuk ke Dongzhimen Public Transport Hub (东直门交通枢纽) di mana tempat keberangkatan Bus 916 Express ( 916快 / 怀柔方向)
Diptic-01
Dongzhimen Public Transport Hub (东直门交通枢纽)

Dongzhimen Public Transport Hub terdiri dari 2 bagian North Platform dan South Platform, dan Bus 916 Express ( 916快 / 怀柔方向) berada di bagian North Platform, ada petujuk arah yang sangat jelas, jadi tidak perlu khawatir tersesat, tinggal ikuti saja tempat keberangkatan Bus 916 Express ( 916快 / 怀柔方向)

fanyanto ke Tembok China Mutianyu Great Wall-7
Tanda North Platform dan line keberangkatan Bus 916 Express ( 916快 / 怀柔方向) sangat jelas dan mudah di lihat.
fanyanto ke Tembok China Mutianyu Great Wall-8
Kenali tulisan mandarin Bus 916 Express / 快 berarti Express.

Sebagai informasi kita berangkat dengan Bus 916 Express ( 916快 / 怀柔方向) dan saat kembali ke Dongzhimen Public transport hub juga menggukan bus yang sama. jangan sampai salah naik Bus 916 tanpa lambang 快.
selalu cek dan pastikan naik bus Bus 916 Express ( 916快 / 怀柔方向)

fanyanto ke Tembok China Mutianyu Great Wall-9
Ikuti jalur menuju bus 916 Express ( 916快 / 怀柔方向)

Jalur antrian pagi itu sepi, saya bisa langsung masuk ke bus tanpa berlama lama antri, harga untuk naik Bus ini 12 Yuan, langsung bayar di masukan kotak saat naik, usahakan membawa uang pas, karena tidak ada kondektur dan tidak ada uang kembalian, di luar bus ada tanda “self ticketing”

Untuk lebih mudah nya gunakan Yikatong Card, tinggal tab di saat naik ke bus, dan tab kembali ke saat turun dari Bus, dengan Yikatong card kita cuma perlu bayar 6 Yuan,  setengah harga dari harga regular. 🙂

#2 Naik Bus 916 Express ( 916快 ) dan Turun di Huai Rou Bei Da Jie ( 怀柔北大街 ) Bus Stop ke 14 dari Dongzhimen Public Transport Hub ( 62 km , 1 Jam Perjalanan )

Jam Operasional Bus 916 Express
5:50 – 19:50 ( Dongzhimen Transport Hub ke Huairou )
04:50 – 18:50 ( Huairou ke Dongzhimen Transport Hub) perhatikan jam operasional ini agar tidak tertinggal bus terakir.

Bus 916 Express, sangat nyaman bersih dan ber ac.

Bus 916 Express lumayan banyak dan berangkat setiap beberapa menit, jadi jika ada antrian di Dongzhimen, tidak perlu kuatir menunggu terlalu lama.

fanyanto ke Tembok China Mutianyu Great Wall-22
Bus Stop / Halte yang di lewati Bus 916 Express ( 916快 / 怀柔方向), 14 Stop untuk sampai ke Huai Rou Bei Da Jie ( 怀柔北大街 )

Setelah bus Mulai berjalan, mulai nih berdebar debar, bagaimana cara agar tidak terlewat bus stop nya. setiap berhenti di halte, selalu ada informasi

Mutianyu

audio dalam bahasa Inggris dan bahasa mandarin. dan ada informasi layar LED di depan bus tetapi hanya dalam bahasa mandarin saja, dan saya sudah siapkan foto di bawah ini sebagai catatan harus turun saat melihat tulisan ini

Masalah nya Layar LED di bus saya saat itu tidak memerikan keterangan apa apa setiap stop di Halte. sudah mulai sedikit panik nih. untung nya saya sudah menulis angka setiap bus berhenti di setiap halte, saat berhenti ke 14 saya harus turun.

selain menghitung bus stop, saya menyalakan google map go dan set navigasi ke Beijing Huairou Department of Civil Affairs, dan ini sangat membantu. saat saya dengar melalu headset saya telah tiba di tujuan, saat itu juga pemberhentian ke 14 saya dan tepat halte Huai Rou Bei Da Jie ( 怀柔北大街 )

Beijing Huariou Dept
Simpan POI ini di google map dan gunakan saat naik bus menuju Huai Rou Bei Da Jie ( 怀柔北大街 )

sebagai tambahan saat melihat banguan yang di dominasi warna hijau ini, siap siap untuk turun, karena bus akan berhenti di Halte Huai Rou Bei Da Jie ( 怀柔北大街 ) yang berada tepat di depan gedung, ini dalah gedung Beijing Huairou Departemen of Civil Affairs.
Tips: Gunakan Yikatong card untuk naik bus agar mendapat potongan harga 50%, google map tidak selalu tepat di china, tetapi untuk POI ini fix 100% berhasil dan tepat untuk menetukan lokasi Huai Rou Bei Da Jie ( 怀柔北大街 ).

fanyanto ke Tembok China Mutianyu Great Wall-13
Bangunan Beijing Huairou Department of Civil Affairs ( 民政局 )
fanyanto ke Tembok China Mutianyu Great Wall-12
Halte Huai Rou Bei Da Jie ( 怀柔北大街 ) tepat di depan Beijing Huairou Department of Civil Affairs ( 民政局 )

#3 Melanjutkan naik Bus H23 menuju Mutianyu Roundabout (慕田峪环岛), Bus stop ke 16 dari Huai Rou Bei Da Jie ( 怀柔北大街 ). ( 18km, 1 jam perjalanan )

Capturedari posisi turun Bus 916 Express, kita harus menyebarang untuk bisa naik Bus H23, lokasi halte nya di depan bangunan seperti foto di samping.

Yang perlu di ingat!
Halte ini juga sebagai tempat untuk naik bus 916 Express dengan tujuan Beijing. dan jangan lebih dari jam 18:50.

Perlu di ingat Bus H23 tidak sebanyak 916 Express, jadi kita butuh waktu untuk menunggu Bus H23.

Dengan Bus H23 kita butuh 16 kali stop untuk mencapai Mutianyu Roundabout (慕田峪环岛) , lokasi di mana kita harus turun untuk menuju pintu masuk Mutianyu Great Wall.

Harga tiket bus H23 3 Yuan.

fanyanto ke Tembok China Mutianyu Great Wall-10
Halte tempat berhenti Bus H23, lumayan banyak, dengan 16 kali stop menuju mutianyu roundabout butuh waktu sekitar 1 jam.

Saat naik bus H23 yang perlu di siapkan agar tidak terlewat halte Mutianyu Roundabout (慕田峪环岛) , secara manual hitung setiap kali bus berhenti, dan turun saat bus berhenti ke 16.

Lihat bangunan jembatan yang besar ini, sangat mudah untuk melihat nya.
bus H23 akan berhenti tepat di bawah tanda / penunjuk arah mutianyu roundabout. dan kamu harus turun saat bus berhenti di sini.

fanyanto ke Tembok China Mutianyu Great Wall-11
Jembatan yang menandakan kita sudah sampai di Halte Mutianyu Roundabout (慕田峪环岛)

Untuk navigasi google map aragkan tujuan ke 慕田峪环岛 , saya tidak menemukan tulisan alfabet nya, tinggal copy paste aja ke google map. saat terdengar anda sampai tujuan, segera keluar dari Bus H23.

Pelu di ingat untuk kembali ke Huai Rou Bei Da Jie ( 怀柔北大街 ) , kita menggunakan Bus H23 tetapi stop nya di seberang tempat turun ini. ( menunggu di halte ke arah sebalik nya )

mutianyu roundabout
koordinat untuk menandakan kita sudah sampai di Mutianyu Roundabout (慕田峪环岛)

#4 Melanjutkan naik Taxi menuju Mutianyu ( 18km, 20 menit perjalanan )

fanyanto ke Tembok China Mutianyu Great Wall-25
Taxi Lokal Huairou

Saat sampai di Huai Rou Bei Da Jie ( 怀柔北大街 ) saya menggu Bus H23 selama 30 menit dan belum terlihat juga, dan beberapa kali sopir taxi mendekat dan menawarkan jasa nya, saya tetap cuek saja. mereka tidak bisa bahasa Ingris dan saya juga tidak mengerti bahasa mandarin. jadi komunikasi nya tidak nyambung haha, selama menunggu inget waktu baca baca naik taxi lokal huairou kurang lebih 50 Yuan. bisa sampai di depan pintu gerbang Mutianyu Great Wall, sebener nya sudah pengen coba cuma karena komunikasi nya susah saya masih coba menunggu Bus H23, sampai akhir nya salah satu supir taxi dengan membawa brosur mutianyu great wall dan dengan kode tangan yang menuntukan angka 30. ya udah tanpa pikir panjang tinggal angguk kepala saja,  langsung masuk taxi dan sampai di depan mutianyu great wall.

kelebihan menggunakan Taxi
Kecepatan kita cuma butuh waktu sekitar 20 menit sudah sampai di depan gerbang Mutianyu Great Wall.
Jelas lebih nyaman daripada menggunakan bus.

Tips: Sebaiknya gunakan Taxi resmi, untuk kenyamanan dan keamanan.
Huairou Taxi Hotline: 69651168
Huairou Taxi Complaint: 60697889

sebelum sampai di Pintu gerbang Mutianyu saya melihat Jembatan Mutianyu roundabout yang menjadi tanda jika kita naik Bus H23. dari pintu gerbang ke Mutianyu roudabout cuma berjalan sekitar 1 menit. jadi saya coba jalan ke arah halte Mutianyu Roundabout (慕田峪环岛), tempat berhenti nya bus H23.

dari Posisi turun bus kita tinggal berjalan saja 1 menit mengikuti jalan ber aspal, lalu akan ada 2 jalur, pilih jalur sebelah kanan.

kita akan melihat pintu gerbang untuk menuju Mutianyu Great Wall.

lalu akan terlihat loket resmi tempat untuk membeli tiket yang berada di sebelah kiri gerbang dengan dominasi warna cokelat dengan tulisan besar Mu tian yu.

Diptic 2

#5 Membeli Tiket Mutianyu Great Wall

beijing-mutianyu

Tiket Masuk
Dewasa: CNY 45
Lebih dari 60th: CNY 25
Anak anak dengan tinggi 1.2 sd 1.4 meter: CNY 25
anak di bawah 1.2 meters: Gratis

Shuttle Bus: CNY 15
Cable Car: CNY 100 Single way ; CNY 120 Round trip
Chairlift + Toboggan:CNY 100 Single way ; CNY 120 Round Trip

Jam Operasional:
April to October: 8:00 -17:00
November to March: 8:30-16:30

Informasi tambahan:
Perusahaan yang mengoperasikan Cable car dan Chairlift / Toboggan adalah perusahaan yang berbeda, sebenar nya tiket round trip lebih murah, tetapi kita tidak bisa memilih paketan naik pakai cable car dan turun dengan toboggan, karena mereka 2 perusahaan yang berbeda. jadi tidak ada tiket paketan yang murah.

tujuan cable car dan chairlift juga berbeda, cable car membawa kita menuju watchtower no 14, dan chairlift membawa kita menuju watchtower no 6.

Jadi akan ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih untuk menjelajah Mutianyu Great Wall setelah membeli tiket masuk.

  1. Naik dan turun lewat cable car: CNY 120
  2. Naik chairlift dan turun lewat toboggan: CNY 120
  3. Naik Cable Car + Turun Toboggan: CNY 100 + CNY 100 = CNY 200
  4. Naik Cable car turun, lalu naik lagi chair lift dan turun menggunakan Toboggan: CNY 120 + CNY 120 = CNY 240 ( opsi menggunakan semua fasilitas 🙂 )
  5. Jalan / Hiking naik turun : Gratis

saya menggunakan opsi no 3, saya naik menggunakan cable car lalu jalan menyusuri watchtower no 14 jalan melihat sampai ke watchtower no 16 lalu balik menuju watchtower no 6, sempat turun ke watchtower no 5 dan mencoba mendaki menuju watchtower no 1, tapi telalu extreme. terakir turun menggunakan Toboggan.

Tips: Jangan lewatkan turun menggunakan Toboggan kalo sudah di Mutianyu Great Wall.

Setelah membeli tiket, tinggal jalan saja lurus melalui pintu gerbang utama, di situ banyak sekali toko souvernir dan resto, dan sudah ada burger king juga. ikutin saja jalan nya dan di ujung akan terlihat stasiun suttle bus.
suttle bus akan mebawa kita di lokasi start pendakian tembok besar china.

Diptic 1

Saat turun dari suttle bus, tinggal ikutin saja petunjuk arah ke cable car, chairlift atau walk.
Tips: bangunan di foto bawah ini adalah modern toilet terakir yang ada di lokasi Great Wall, tidak ada salah nya tuntaskan dulu masalah ke wc sebelum naik ke Great wall 🙂

fanyanto ke Tembok China Mutianyu Great Wall-19
Toliet nya bersih dan modern, tersedia tisue dengan smart dispenser.
fanyanto ke Tembok China Mutianyu Great Wall-18
Menuju Watchtower no 14 menggunakan Cable Car

Enak nya bolang tanpa tour kita bisa santai dan menikmati lokasi dengan nyaman dan tidak terburu buru waktu :), saya bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan menyusuri tembok besar china dari watchtower no 14 sampai watchtower no 6 dan turun menggunakan toboggan.

fanyanto ke Tembok China Mutianyu Great Wall-27
Mutianyu Great Wall Nov 2018
fanyanto ke Tembok China Mutianyu Great Wall-28
Menatap ragu untuk mencapai Watchtower no 1 wkwkw, extreme path!
fanyanto ke Tembok China Mutianyu Great Wall-29
Jangan lewatkan melucur ke bawah dengan mengguakan toboggan, hanya ada di Mutianyu Great Wall

#6 Pulang ke Beijing menggunakan Transportasi yang sama

Setelah turun dari Great Wall menuju tempat suttle bus, suttle bus akan membawa kita kembali ke Mutianyu Greatwall Service Area

Dari Mutianyu Greatwall service area, berjalan sekitar 1 menit menuju Mutianyu Roundabout (慕田峪环岛), Gunakan Bus H23 untuk kembali menuju Huai Rou Bei Da Jie ( 怀柔北大街 ).

sama dengan berangkat nya, saya juga lama menunggu untuk menemukan Bus H23, saya sempat kepikiran untuk naik taxi, yang berbeda adalah di sini tidak ada taxi resmi yang beroperasi dan semua pada pasang harga gila. beruntung bertemu 2 orang dengan tujuan yang sama dan kita patungan masing masing CYN 20 untuk menuju Huai Rou Bei Da Jie ( 怀柔北大街 ).
Tips: kalo menggunakan black Taxi, selalu tawar dan pura pura ga butuh aja nanti dia tutun tutun in harga.

Dari Huai Rou Bei Da Jie ( 怀柔北大街 ) gunakan Bus 916 Express ( 916快 / 怀柔方向) untuk menuju Dongzhimen Public Transport Hub (东直门交通枢纽), ada 2 type Bus 916, jangan sampai salah naik Bus.

fanyanto ke Tembok China Mutianyu Great Wall-26
Contoh Bus yang salah, Jangan naik Bus ini jika tidak ingin tersesat. pastikan hanya naik Bus 916快

#7 Beberapa model Scam saat perjalanan menuju Huai Rou Bei Da Jie ( 怀柔北大街 )

Saat di Dongzhimen jika ada yang menginfokan ada rute yang lebih pendek menuju Mutianyu Great Wall dengan menggunakan nomor bus yang lain, jangan mudah percaya, bisa nya orang orang ini lancar berbahasa inggris dan terlihat meyakinkan.

Saat di dalam Bus 916 Express, sekitar 2-3 stop sebelum Huai Rou Bei Da Jie ( 怀柔北大街 ) akan ada orang dengan seragam seperti petugas resmi. dan lancar berbahasa inggris mereka masuk dan menginfokan yang mau ke Mutianyu Great Wall harus turun di sini. dan dengan meyakinkan akan memberi info cara melanjutkan menuju Mutianyu, jangan percaya juga, tetap ikuti planing seperti di atas, bisa nya mereka mengarahkan menggunakan taxi gelap dan sudah saling bekerja sama, dan mematok harga yang mahal.

Explore Wangfujing Street.

Wangfujing Street 6.jpeg

Setelah sampai di hotel dan istirahat, sekitar pukul 7 perut mulai lapar saya coba meng-explore Wangfujing, ini adalah salah satu lokasi shopping street yang terkenal di Beijing, untuk menuju lokasi nya cukup mudah, tinggal cari Stasiun Subway Line 1 – Wangfujing,

Jika sudah sampai tinggal cari Exit B1, saat keluat dari B1 akan terlihat Bijing Hotel, berjalan ke arah beijing hotel dan jalan terus saja sekitar 500 meter

bsh
Exit dari B1 akan terlihat bangunan Beijing Hotel

saat mengikuti jalan sekitar 500 meter akan sampai ke perampatan yang satu sisi nya di tutup dan tidak bisa di lewati kendaraan umum, artinya sudah sampai di Wangfujing pedestrian street.

bsh
Suasana malam di Wangfujing street
Diptic
Banyak Street food yang bisa di coba, saya juga melihat ada restoran Halal di wangfujing street.

Suasana malam di Wangfujing street sangat menarik, dan patut di coba. 🙂

Happy Traveling


Link yang berhubungan:

Ditulis oleh

Ngeblog untuk ninggalin jejak ...

11 respons untuk ‘Day 1: Cara ke Tembok Besar China Section Mutianyu (Great Wall of China), menggunakan Bus, Jalan jalan malam hari di Wangfujing.

  1. Mas, mau nanya. Kalo kita mau balik ke Beijing nunggu bus 916 Di halte yg Sama waktu Kita tiba atau halte seberang( biasa kalo balik Kan berlawanan).makasih

    Suka

  2. Mas Faryanto… thank you so much loh saya coba ikuti petunjuk mas ke Greet wall Mutianyu… it’s done and jelas banget… and make us easy..thank you mas..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.