Day 4: Menjelajah Tembok Besar China bagian Jinshaling dan Gubeikou (Great Wall of China)

Hari Senin ini saya ada sedikit tugas yang harus di kerjakan, jadi mau explore yang easy dan tidak terlalu rumit, saya pilih ke Jishaling dan Gubeikou dengan bantuan agen tour and travel.

Sekilas Tentang Jinshaling Great Wall

Tembok Besar Jinshanling telah dipulihkan untuk memudahkan pendakian. Pengunjung dapat mendaki sepanjang jalan dari Jinshanling ke Simatai barat. Tembok Besar di Jinshanling memiliki sistem pertahanan lengkap termasuk dinding pembatas, dinding benteng, menara pengawas, tempat meriam senjata, lubang tembak, dinding pembatas kuda.

Jinshaling Great Wall lokasi nya lumayan jauh dari Beijing sekitar 130km dengan waktu tempuh sekitar 2 sd 2.5 jam.

karena jaraknya yang lumayan jauh Jinshaling ini masih jarang wisatawan.

Menjelajah ke Jinshaling Great Wall

Bus Jinshanling Tourist, Bus ini dari berangkat dari Beijing yang langsung menuju Jinshaling, untuk lokasi nya waktu saya browsing ada yg tulis di Beijing Dongzhimen wai station (东直门外) ada juga yang tulis Wangjing West Station (望京西站), ada ada juga yang menulis berangkat dari Beijing Dongzhimen wai station (东直门外) lalu melewati juga Wanghing West Station (望京西站)

Wangjing West Station (望京西站) bisa di akses melalui Subway line 13
Beijing Dongzhimen wai station (东直门外) bisa di akes melalui subway line 2

Informasi penting Jinshaling Tourist Bus

  • Hanya ada 1 kali keberangkatan setiap hari
    Beijing ke Jinshaling pukul 7:40
    Jinshaling ke Beijing pukul 16:00
  • Hanya ada pada peak season tanggal 1 April sd 15 November, dan hanya berangkat kalo terisi 20 orang. jika di bawah quota bisa batal berangkat.
  • Harga CNY 50

Jika terlewat Tourist Bus ini, harus menggunakan Bus Regular dari Wangjing west (望京西) ke Luanping bus station (滦平) keberangkatan setiap 30 menit, opsi ini lumayan rumit menurut saya. jadi saya belum tertarik mencoba nya, karena tidak banyak referensi yang membantu saya dengan detail.

Saya juga tidak bisa menggunakan Tourist Bus, karena sudah melewati tanggal operasional nya, jadi saya belum bisa men-veryfikasi soal jadwal dan lokasi keberangkatan nya. jadi saya memilih opsi berangkat dengan Travel agen, setidak nya saya sudah tau lokasi di Jinshaling jika di kemudian hari mau coba menggunakan Bus.

Saat mecari Tour ada beberapa opsi ada nya menyediakan private Tour, kendalanya saya cuma seorang diri, dan harga nya sangat mahal, sewa mobil per 8 jam, dan masih terlalu mahal menurut saya harga di atas CNY 1000, opsi lain nya small grup, tapi untuk yang grup ini pastikan itinerary nya jelas, jangan mau kalo ada mampir mampir ke toko toko souvenir buat belanja belanja, pasti buang buang waktu saja. saya menemukan group tour ini dengan harga CNY 700, max 8 orang dan itinerary nya fix tanpa shopping, langsung ke Jinshaling Great Wall dan Gubeikou Great Wall.

Setelah berkomunikasi dengan Tour leader nya, dan di sepakati bertemu di salah satu stasiun subway di daerah qianmen. karena menggunakan tour, dan masih ada sedikit kerjaan, saya tidak detail mendokumentasi kan selama perjalanan, singkat cerita berkendara selama 2 jam dan akhir nya sampai di loket tiket jinshaling great wall

sdr
Loket untuk pembelian tiket Jinshaling Great Wall

Gedung ini masih termasuk baru, dan masih ada pekerja yang melakukan finishing, seperti nya Jinshaling Great Wall mulai berbenah untuk lebih komersial dan menarik banyak wisatawan.

cof
Shuttle Bus menuju gate utama pendakian Jinshaling Great Wall

Hari itu hanya kami ber 8 yang datang ke lokasi ini, dan tidak melihat ada wisatawan lain 🙂

sdr
Saat melewati gebang itu, Petualangan di Jinshaling Great Wall di mulai.
jinshanling-hiking-map-fan

Sama seperti menjelajah di great wall yang lain, selalu ada opsi untuk mendaki, tetapi karena ini ikut tour tidak banyak waktu yang di sediakan, karena cuma di beri waktu 1.5 jam untuk explore, padahal Jinshaling ini banyak watchtower yang menarik. jadi opsi yang paling aman adalah naik dan tutun melalui cable car, dan explore tower di sekitar cable car.

fanyanto ke Tembok China Great Wall-2
Menuju small Jinshaling watchtower menggunakan cable car.
Pemandangan Musim Gugur di Jinshaling
Suasana Jinshaling Great Wall saat musim gugur.
Jinshaling Great Wall, Nov 2018

waktu 1.5 jam benar benar terasa kurang, mungkin di kesempatan berikutnya saya akan explore Jinshaling lagi dan meluangkan waktu lebih banyak di ini. suasananya sepi dan pemandangan nya sangat indah dan mempesona. big WOW.

Pesona Jinshaling yang tidak ada habis nya, waktu 1.5 jam tidak cukup untuk menjelajah keindahan Jinhsaling Great Wall

Infrastuktur di Jinshaling sudah modern, toilet juga sudah bagus di gerbang penjualan tiket. Jinshaling sangat recomended untuk di datangi. dan 100% saya akan datang lagi dan khusus explore Jinshaling full day 🙂
waktu telah habis, saya turun ke lokasi meeting poin, dan melanjutkan ke destinasi berikut nya.

Sekilas Tentang Gubeikou Great Wall

untuk mencapai Gubeikou Great Wall butuh dua jam perjalanan dari Beijing dan terhubung ke bagian Jinshanling. Tidak seperti Jinshanling, Mutianyu, dan Badaling, yang sudah di restorasi di buat kebih nyaman dan aman untuk pendakian, Gubeikou Great Wall sepenuhnya masih dalam kondisi amlami seperti aslinya.

Tembok Besar di Gubeikou runtuh, sebagian besar tidak memiliki dinding pembatas, dan ada banyak batu lepas. tetapi di luar itu Gubeikou menawarkan pemandangan tembok besar china yang unik dan masih orisinil keaslinya, sangat menarik bagi yang terbiasa mendaki di area liar.

Tidak ada Bus yang langsung menuju Gubeikou Great Wall, dan lebih baik sewa kendaraan pribadi atau ikut tour jika ingin ke sini.

Menjelajah Gubeikou Great Wall

kami sempat di ajak makan siang sebelum menuju Gubeikou, makan di restoran lokal yang sangat lezat, lagi lagi saya lupa mengabadikan nya. terlalu di zona nyaman kalo ikut Tour 🙂
Saat sampai di Gubeikou Great Wall, seperti biasa setiap akan naik saya mencari toilet biar nyaman saat menjelakah di great wall.

tetapi di sini toilet nya masih sangat sederhana, tanpa air, tanpa sekat OMG :0, bisa di maklumi karena Gubeikou Great Wall ini masih alami dan belum tersentuh renovasi.

Toilet Extreme
Toilet Extreme
cof
Start Pendakian ke Gubeikou Great Wall

Di sini tidak ada cable car, jalan satu satu nya harus berjalan dan mendaki untuk menuju Gubeikou Great Wall. naik nya tidak akan terasa capai karena pemangan selama pendakian memanjakan mata 🙂

sdr
Mempercepat langkah biar tidak terlambat mengejar Sunset
fanyanto ke Tembok China Great Wall-5
Suasana Sunset di Gubeikou Great Wall

Meskipun banyak keluar tenaga buat kejar sunset, dan terasa capai, semua nya terbayar lunas saat menyaksikan sunset di Gubeikou great wall.
Gubeikou Great Wall benar benar belum di restorasi, semua nya masih alami, di sini kita juga perlu extra hati hati karna kadang kita berjalan di jalan yang sempit dan kanan kiri tidak ada tembok buat pegangan 🙂
Jika ingin melihat tembok besar china yang masih alami dan belum di restorasi, di sini tempat nya.
setelah selesai menikmati sunset, kami kembali ke Beijing yang di tempuh 2 jam perjalan dengan mini bus.

Gubeikou Great Wall on Grey color, November 2018
Beautiful Sunset at Gubeikou Great Wall, Nov 2018

Link yang berhubungan:

Ditulis oleh

Ngeblog untuk ninggalin jejak ...

4 respons untuk ‘Day 4: Menjelajah Tembok Besar China bagian Jinshaling dan Gubeikou (Great Wall of China)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.