Cara naik subway metro dengan Yikatong Card, di Beijing China.

Metro adalah transportasi yang paling sering saya gunakan saat menjelajah Beijing. Metro meng cover hampir semua destinasi tujuan saya. saya ingin berbagi sedikit pengalaman selama di beijing menggunakan subway, yang sudah biasa naik mrt, mtr tidak akan menemukan banyak kendala, karena system nya kurang lebih sama. bagi kamu yang pertama kali menggunakan subway ini ada beberapa informasi berdasarkan pengalaman saya.

Untuk mempermudah naik metro di Beijing, sebaik nya gunakan kartu Yikatong card, kartu ini bisa di gunakan untuk naik metro, bus, bayar di family mart dll, tetapi yang perlu di ingat kartu ini hanya berlaku di beijing. saat kamu akan meninggalkan Beijing sebaik nya di refund, di stasiun metro terakir sebelum pindah kota.

Yikatong Card khusus untuk kota Beijing

Yikatong card ini di jual di stasiun metro, atau di stasiun airport line, kita wajib deposit 20 Yen untuk mendapatkan kartu ini , dana deposit bisa di refund saat kita mengembalikan kartu ini.

kelebihan menggunakan Yikatong card, kita tidak perlu antri di mesin tiket saat akan menggunakan moda transportasi subway, dan kita akan medapatkan disc untuk tiket bus. berasarkan pengalaman saya selama di beijing, kartu ini wajib kita miliki karena benar berar berguna untuk menghemat waktu dan biaya transportasi.

Pertama saya share pintu masuk ke stasiun subway, bangunan nya seperti foto di bawah ini, ada beberapa subway yang gabung dengan pusat perbelanjaan. yang perlu di perhatikan logo stasiun subway, untuk mudah nya jika kita ingin mencari pintu masuk subway kita cari logo tersebut.

Pintu masuk platform subway Beijing
Pintu masuk platform subway di Beijing

setelah kita masuk ke stasiun subway, khusus nya di kota Beijing, yang pertama pasti akan melewati security check. Ransel atau tas wajib di masukan ke mesin X-Ray, dan cairan dalam botol akan di cek oleh petugas.

selepas security check, jika kamu belum memiliki Yikatong card, beli single trip di mesin pencetak tiket seperti di bawah ini, pertama pilih bahasa dulu yang di kuasai, dan silakan ikuti petunjuk di layar, untuk beli tiket single trip atau top up Yikatong Card. mesin ini cuma bisa top up Yikatong card, tidak bisa membeli Yikatong card di mesin ini, untuk membeli Yikatong card, cari Tiket Counter yang biasa nya di jaga oleh petugas.

Mesin pembelian tiket single trip, berfungsi juga untuk top up Yikatong Card

Setelah memiliki tiket kita cari pintu masuk , tinggal tap tiket ke mesin, dan tinggal masuk menuju subway train nya.

Metro Beijing Entry.jpg
Pintu akan terbuka saat kita tab tiket / Yikatong card.

Perhatikan platform / Line yang akan di tuju, ada kemungkinan dalam satu stasiun ada beberapa platform. perhatikan petunjuk arah platform yang akan kita tuju.

Subway platform sign
di beberapa stasiun connecting subway, ada beberapa platform / Line, perhatikan baik baik petunjuk arah nya.

Platform / line sudah benar, selanjutkan yang perlu di perhatian adalah kita harus naik kereta yang ke arah jurusan mana. contoh kasus seperti di bawah ini,
posisi saat ini di stasiun Wangfujing dan tujuan akhir stasiun chongwemen,
yang harus kita ketahui adalah

• Saat di Wangfujing kita harus naik platform / line berapa?
  • Contoh kita naik Line 1, dan line 1 ini memiliki 2 arah tujuan akhir yang bebeda yaitu tujuan akhir Pingguoyuan dan Sihui East, kita harus tentukan subway yang mana yang harus kita pilih yang melewati stasiun yang akan kita tuju.
  • Terakir tinggal pastikan kita turun di stasiun yang benar. apa perlu ganti plafrom / line untuk menyambung ke stasiun yang di tuju atau tidak.
  • Untuk membantu kita menentukan arah yang tepat saya menggunakan applikasi Metro Beijing Subway yang bisa di download di PlayStore
bsh
Contoh Platform Line 1 Tujuan akhir Songjiahuang. yang akan melewati 5 Stasiun sebelum tujuan akhir, informasi ini pasti terlihat di pintu masuk ke subway.
cof
Informasi ini bisa kita lihat saat di dalam subway, indikator lampu yang menyala adalah, stasiun yang akan di lewati. ini untuk membantu di mana kita harus turun.
Diptic
Applikasi Metro Beijing Subway sangat membantu jika kita ingin menjelajah beijing dan membutuhkan beberapa kali pindah platform / line.

Saat kita menggunakan Platform / Line 2 di Beijing, ada yang berbeda. karena line 2 ini rute nya loop alias muter, tidak ada tujuan akhir.

dav
Rute Subway Line 2 – Loop

yang berbeda saat kita naik subway line 2 di pintu platform tidak akan ada stasiun akhir yang bisa nya di tulis di platform / line yang lain. khusus di platform / line 2 tujuan nya di tulis stasiun berikut nya.
contoh kasus: saat ini saya berada di Qianmen. san saya mau ke Beijing Railway Station. yang harus saya lakukan adalah

• saat di platform akan ada 2 pilihan, pertama arah ke Hepingmen dan yang ke dua arah ke Chingwemen.
  • naik arah mana saja saya pasti akan sampai ke Beijing Railway Station, tetapi tentunya kita harus mencari rute yang paling dekat.
  • jadi saya harus naik Line 2 dengan tujuan Chongwemen dan turun di Beijing Railway Station.

Terakir sebelum sesaat sebelum tab kartu untuk keluar dari stasiun subway, kita harus melihat arah exit yang benar, karena kalo salah exit kadang kita akan berjalan memutar ke arah exit yang seharus nya. jadi cek dulu arah exit yang mau kita tuju bisa nya ada exit A B C dan seterus nya

cof
Perhatikan bahwa pintu Exit yang akan kita lalui sudah benar, agar tidak perlu memutar jauh, bisaa nya pintu exit akan terlihat jelas sebelum kita tab kartu yikatong card untuk keluar platform.
sdr
Dengan rencana perjalanan yang detail kita bisa keluar melalui pintu yang terdekat dengan tujuan kita.

Subway pertama biasa nya start pukul 5:30 pagi, dan subway terakir pukul 22:30 malam. saya juga menggunakan subway yang pagi untuk menuju lokasi lokasi yang banyak turis nya dengan tujuan tiba lebih awal dan tidak telalu crowded.

subway akan selalu ada dengan interval kurang lebih 3 menit. pada jam berangkat kerja dan pulang kerja, subway sangat sangat padat. jika tidak terpaksa hindari jam jam tersebut.

akhir kata, Have a great holiday!

Ditulis oleh

Ngeblog untuk ninggalin jejak ...

2 respons untuk ‘Cara naik subway metro dengan Yikatong Card, di Beijing China.