Rute, Tiket dan cara menuju Benteng Pendem Ambarawa / Fort Willem I, dari Semarang

Saat sedang hunting sunset dan bersantai di depan lawang sewu, Semarang tiba tiba ada 2 orang datang dan menyapa dengan ramah, sekedar berkenalan karena sama sama lagi hunting sunset, obrolan menjadi lebih hangat dengan bercerita tetang spot spot fotografi, sebenar nya posisi mencari sunset kita di Lawang sewu kurang tepat, karena matahari berada di belakang kami, bukan nya tanpa riset tetapi karena saya baru sampai di semarang dan pas berada di sekitar lawang sewu, dan mereka pun juga baru selesai melakukan sesi pemotretan wedding. jadi sama sama iseng main ke lawang sewu. tidak dapat sunset setidak nya kita dapat moonrise, bulan purnama bersinar terang di atas lawang sewu

dari perbicangan itu saya medapat rekomendasi Benteng pendem di daerah ambarawa, dan di beri informasi kalo datang usahakan sore hari biar mendapat sunset di situ.

Sekilas Tentang Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambawara atau Fort Willem I ini di bangun pada tahun 1834 – 1845, tidak seperti bangunan benteng pada umum nya, banguan benteng biasa di dominasi tembok perlindungan, parit dan tembok berlubang untuk meriam, di sini malah banyak sekali jendela dan balkon terbuka mirip di lawang sewu, kemunginan VOC membuat benteng ini bukan untuk perhahanan melainkan untuk barak atau logistik dan menjalin hubungan relasi dengan kerajaan Mataram.
Saat pendudukan Jepang di tahun 1942 hingga 1945, benteng ini difungsikan sebagai kamp militer tentara Jepang. Usai kemerdekaan Indonesia, menjadi markas besar TKR (Tentara Keamanan Rakyat).
Dari 2003 hingga saat ini masih di gunakan sebagai Lapas Kelas II A dan barak militer.

Untuk nama Fort Willem I ada beberapa versi ada yg mengatakan itu untuk menghormati Raja Willem I yang pernah memimpin kerajaan Belanda. ada juga yang mengatakan untuk penamaan dan urutan karena ada benteng Willem II yang berada di daerah Unggaran.

Menuju Benteng Pendem Ambarawa / Fort Willem I

Lokasi GPS Fornt Willem I – https://goo.gl/maps/f3pC4vVsABM2

Benteng mendem Untuk menuju lokasi Benteng pendem bisa di seach di google, saya menggunakan applikasi navigasi untuk menuju Benteng Pendem, selama perjalanan dari semarang sampai ambarawa, tetapi saat akan mencari pintu masuk Fort willem I agak bingung, karena beberapa kali jalan di portal dan tidak bisa di lalui oleh mobil. akir nya terakir di arahkan ke pintuk masuk ini

Pintu masuk yang saya lewati menuju benteng pendem
Video Rute menuju Benteng pendem dari pintu gerbang Kesatrian Turangga Ceta

Pintu masuk tersebut di jaga oleh personil militer, saya coba bertanya bagaimana cara ke benteng pendem, dan mereka menjelaskan dengan ramah bisa menlalui jalan ini tetapi dengan syarat meninggalan indentitas di pos jaga, dan bisa di ambil saat keluar.

Setelah saya coba browsing sebenar nya ada jalur yang biasa digunakan yaitu dari RSUD Ambarawa,

Foto Lokasi Benteng Pendem Ambarawa

Saya membaca beberapa atikel untuk masuk di benteng pendem ini tidak di pungut biaya, ada juga yang di tarik parkir saja, tetapi saat saya datang, sudah ada tiket masuk Rp 5000 per orang dan Rp 10.000 untuk parkir mobil.

Benteng pendem ini seberanya bukan tempat wisata, karena sebenar nya masih berfunsi sebagai lapas. tetapi banyak fotografer mengabadikan lokasi ini di tambah banyak yang melakukan foto preweding di sini, yang terakir lokasi ini di buat lokasi shooting film Soekarno, jadi banyak foto dan informasi benteng pendem ini di media sosial, oleh kara itu pamor beteng pendem semakin di kenal

Video spot lokasi Benteng Pendem
Benteng Pendem banyak di gunakan untuk lokasi preweding maupun film
Banyak spot yang bisa di explore di benteng pendem

Datanglah saat menjelang sore, jadi tidak lama menunggu untuk mendapatkan sunset di lokasi ini

Selasar bangunan yang masih di pakai oleh pegawai lapas
Sisa sisa kemegahan Fort Willem I
Suasana Sunset di Fort Willem I, yang digunakan pembuatan film Soekarno

Selain benteng pendem lokasi yang patut di coba adalah museum kereta api Ambarawa, Rawa pening atau mau santai santai di kampung rawa, destinasi destinasi tersebut akan saya bahas di tulisan berikut nya.

terakir mari kita menjaga lokasi lokasi wisata, jangan vandalisme di lokasi wisata atau membuang sampah sembarangan,
kita bisa pinjam semboyan abadi para backpacker
Jangan mengambil sesuatu kecuali gambar, Jangan meninggalkan sesuatu kecuali jejak, Jangan membunuh sesuatu kecuali waktu.

Happy Traveling…

Ditulis oleh

Ngeblog untuk ninggalin jejak ...

Satu respons untuk “Rute, Tiket dan cara menuju Benteng Pendem Ambarawa / Fort Willem I, dari Semarang

  1. mas, saya ijin mengambil 1 foto benteng pendem untuk pembuatan selebaran acara Ambarawa Heritage Run 2020. semoga di perkenankan.terimakasih sebelumnya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.