Pentas seni budaya dan Harga Tiket wisata ke Kampung Budaya Sindang Barang

Kampung Budaya Sindang Barang, nama sebuah daerah yang belum pernah saya dengar sebelum nya, saya hanya melihat sebuah postingan di feed yang mebuat penasaran

Kampung Budaya Sindang Barang Bogor, mulai 3 Maret 2019 akan menampilkan kembali pentas seni dan budaya. Kesenian budaya yang akan di tampilkan antara lain, Tari merak, Tari Jaipong, rmpak kendang, kaulinan budak lembur, kendang pencak, angklung interaktif…

dari rasa penasaran itu saya menghubungi nomor yang tertera di postingan tersebut dan membuat reservasi untuk tanggal 3 maret 2019.

Berangkat ke Bogor

Pagi ini tepat tanggal 3 Maret 2019, saya siap siap berangkat ke bogor, menutut informasi saat saya mekalukan reservasi, pentas seni akan di mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB, lalu di lanjutkan makan siang dengan menu ala sunda.

Sebagai informasi kita bisa datang langsung ke lokasi Kampung Budaya Sindang Barang tanpa reservasi, atau bisa juga dengan reservasi dulu, kelebihan nya jika kita melakukan reservasi, kita bisa mendapatkan jamuan makan siang ala sunda. biaya nya juga berbeda tentu nya.

Saya berangkat ke bogor sekitar pukul 6.15 pagi dan sampai di kota bogor sekitar pukul 7.00, tujuan nya sebelum ke lokasi kampung budaya saya mau sarapan dulu di salah satu pusat kuliner di jl surya kencara.

Suasana hujan di pagi hari yang dingin, menambah nikmat nya sarapan pagi dengan soto kuning yang hangat dan lezat, setelah itu saya melanjutkan perjalan menuju Kampung Budaya.

Peta Lokasi Kampung Budaya Sindang Barang

Untuk menuju lokasi Kampung budaya sindang barang, kita bisa menggunakan panduan dari google map, kondisi jalan mulus lalu masuk kampung jalan nya beton dan lumayan sempit butuh hati hati saat berpapasan dengan mobil. secara umum kondisi jalan mulus dan terawat. 1 km terakir kita akan masuk ke jalan desa dengan pemandangan sawah dan ladang hijau yang memanjalan mata.

Kondisi jalan 500 meter sebelum lokasi Desa Budaya

Sekilas tentang Kampung Budaya Sindang Barang

Kampung Budaya Sindang Barang di perkirakan sudah ada sejak kurang lebih pada abad ke XII di masa Kerajaan Sunda. merupakan perkampungan tertua untuk wilayah Kota dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pernyataan ini dipertegas oleh bukti naskah Pantun Bogor dan Babad Pajajaran.

Dahulu di tempat inilah terdapat Kerajaan Bawahan yang bernama Sindang Barang, kerajaan ini beribukota di Kutabarang. Di kawasan ini pula awal mula kebudayaan Sunda Bogor berasal dan bertahan hingga saat ini.

Saat ini Kampung Budaya Sindang Barang sebagai tempat pelestarian kesenian tradisioanal Sunda, tempat pelatihan tari dan gamelan untuk para generasi muda, dan mulai 3 Maret 2019 kembali menampilkan pentas seni dan budaya yang di buka untuk umum, Kesenian budaya yang di tampilkan antara lain, Tari merak, Tari Jaipong, rampak kendang, kaulinan budak lembur, kendang pencak, angklung interaktif.

Pentas seni ini sempat vakum sekitar 1 tahun dan tidak terselengara, karena terbatas nya anggaran dan support dari pemerintah setempat. kita bisa mensuport dengan berwisata budaya ke Kampung Budaya Sindang Barang, agar kesenian trandisional sunda tetap lestari.

kampung budaya dijaga dan direstorasi untuk melestarikan budaya setempat, serta ditujukan agar wisatawan bisa belajar budaya Sunda di Bogor.

Suasana Kampung Budaya Sindang Barang

Aktivitas apa saja yang bisa di lakukan di Kampung budaya Sindang Barang

Candid Foto & Melihat persiapan para peserta
Sebelum pentas seni di mulai di kita bisa melihat persiapan masing masing peserta pentas seni

Angklung Interaktif
Mencoba dan bermain angklung interaktif, Angklung interaktif adalah acara bermain angklung beramai-ramai secara langsung, tanpa pakai latihan dulu. seorang konduktor yang memberi aba-aba pada banyak orang agar bisa bermain secara kompak dengan isyarat tangan.

Bersama sama bermain Angklung Interaktif
Wisatawan mencoba angklung interaktif

Puncak Acara
Pada saat saya datang hari itu puncak acaranya adalah pentas seni kebudayaan Kampung Sindang Barang, banyak sekali kesenian dan budaya yang di tampilkan.

Tarian Tradisonal
Tarian kolosal
Permainan tradisional
Pencak Silat

Selesai pentas seni, saya mendapat hidangan khas sunda yang sangat menggugah selera, si sela sela saya menyantap hidangan saya melihat kebersamaan dari para pemain pentas dengan makan bersama di tanah lapang di bawah pohon yang rindang, buru buru deh selesain makan dan segera mengambil kamera lagi buat hunting moment ๐Ÿ™‚

Suasana penuh canda dan keakrapan saat makan bersama
Di sela sela, beberapa pengunjung bisa bermain permainan tradisional

Kesan saya saat mengunjungi Kampung Budaya Sindang Barang ini sangat seru dan menarik, saya mendapat informasi tentang berbagai bangunan di sini. Kisah sejarah dan budaya yang melekat juga ikut diceritakan, selain itu saya juga juga bisa melihat tari jaipong mencoba dan berlajar alat musik tradisional di kampung ini.

Ditulis oleh

Ngeblog untuk ninggalin jejak ...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.