Catatan Perjalanan, Tips, Informasi Tour, Harga Tiket, dan Rute ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Siapa yang belum pernah ke Bromo? saya agak kaget setelah mengetahui fakta beberapa teman saya, bahkan yang lokasi nya sangat dekat dengan Bromo dengan jarak tempuh kurang dari 2 jam belum pernah menjelajah di kawasan ini. mereka masih tidak tau ada apa di bromo? spot apa yang di kunjungi serta masih ragu dengan medan menjuju spot tersebut, dan bagaimana kondisinya.
untuk itu kali ini saya akan berbagi informasi tentang kunjungan saya ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS)

Sekilas Tentang Bromo

Gunung Bromo, gunung yang masih aktif hingga saat ini

Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur.
Bromo adalah gunung berapi yang masih aktif, Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
Selama abad 20 dan abad 21, Gunung Bromo telah meletus sebanyak beberapa kali, Letusan terbesar terjadi 1974, sedangkan letusan terakhir terjadi pada 2015.
Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Persiapan dan Perlengkapan Sebelum ke Bromo

Rencanakan Perjalanan dengan baik, misal nya jika ingin melihat golden sunrise, jangan pergi saat musim hujan, memang tidak 100% jaminan tetapi ini akan mengurangi resiko expektasi kita, jika ingin padang savana yang hijau bak permadani jangan datang di musim kemarau yang ada padang savana nya kering dan cokelat.

Fisik Harus Fit, di bromo suhunya bisa 0 sd 5 derajat celcius saat musim kemarau, dan jika ingin ke puncak kawah bromo kita butuh extra tenaga untuk melewati 250 anak tangga.

Booking Transportasi dan Akomodasi lebih Awal, Bromo adalah destinasi favorit, jadi jangan terlalu mepet untuk mempersiapkan transportasi dan akomodasi agar nyaman selama mengunjungi Bromo

Periksa dan service kendaraan sebelum berangkat, untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, karena medan Bromo yang berkelok dan menanjak, jangan lupa untuk mengisi full bahan bakar kendaraan kamu. buat yang naik motor usahakan berkelompok, kalo memungkinkan jangan menggunakan motor matic demi keamanan kamu dan orang lain.

Barang yang wajib di bawa, untuk kenyamanan dan keamanan kamu selama di bromo, persiapkan barang barang ini

  1. Jaket yang tebal, jangan jaket jeans, pasti ga guna, di Bromo suhu rata rata 7 sd 12 derajat celcius
  2. Sarung Tangan, sangat berguna untuk menghangatkan badan saat menunggu matahari terbit.
  3. Sepatu dan Kaos kaki, Jangan pakai sandal karena suhu nya dingin dan akan membuat km tidak nyaman selama di bromo.
  4. Kacamata
  5. masker
  6. Topi + Buff / Kupluk
  7. Sun Block
  8. Senter, buat melihat jalan saat trekking menuju spot matahari terbit.
  9. Kamera + Tripod
  10. Obat Obatan Pribadi
  11. Uang Tunai yang cukup, tidak ada ATM pastikan uang yang km bawa cukup.

Rute Menuju Bromo

Untuk menuju bromo kita bisa melalui empat kabupaten yang mengelilingi Bromo, Kab Probolingo, Pasuruan, Lumajang dan Malang, biasanya trip / Tour berangkat paling banyak dari malang, saat ini ada juga beberapa tour berangat dari Surabaya melalui kab pasuruan. di masing masing lokasi itu pasti ada informasi soal sewa jeep untuk menuju bromo, dengan itinerary umum sbb:
1. Sunrise Bromo
2. Kawah Bromo
3. Pasir Berbisik
4. Padang Savana / bukit teletubbies

Tetapi untuk pengalaman terbaik di bromo, saya sarankan untuk menginap di Desa Wisata Cemoro Lawang, di sini banyak hotel dan homestay tinggal sesuaikan dengan budget. untuk menuju Cemoro Lawang bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dari Terminal Bus Bayuangga di kota Probolinggo.

Desa Cemoro Lawang, negri di atas awan.

Info: tempat favorit saya untuk menginap, hotel bromo permai, lava view lodge, atau cemara indah hotel. di lokasi lokasi ini memiliki pemandangan langsung ke kawah bromo dari halaman hotel nya.

Khusus untuk yang naik mobil pribadi, usahakan masuk dari jalur Pasuruan, kalo dari tol, cari exit pintu tol tongas, kalo lewat jalur biasa masuk dari simpang tongas arah madakaripura.

Tips: kalo kita berangkat pagi, sebelum ke bromo kita bisa sempatkan dulu ke Madakaripura.
Catatan Perjalanan bersama keluarga ke Air Terjun Madakaripura (link menyusul di update)

karena di luar jalur itu kalo nyasar kita bisa di arahin lewat jalur extreme atau bahkan ada beberapa jalur yang di haruskan menyewa jeep, dan tidak di perbolehkan menyetir kendaraan sendiri.
di sepanjang jalan, akan banyak orang orang yang menyetop, dengan tujuan ingin menjajakan homestay dan jeep, kalo ingin mencapai hotel bromo permai, lava view lodge, atau cemara indah hotel, hiraukan dan jalan saja, mobil pribadi bisa di bawa sampai paling atas di parkiran hotel tersebut, jadi jangan khawatir tidak ada jalur mobil.

Sewa jeep wisata Bromo

Untuk menjelajah Lokasi di kawasan Bromo kita di haruskan menyewa Jeep.

Dari cermoro lawang ini kita bisa menyewa jeep untuk mengujungi 4 lokasi yang biasa nya sudah di paket, harga untuk sewa jeep dari cemoro lawang ini bervariasi dari 500rb sd 650rb beda nya apa?

Tips: Untuk Long weekend atau hari libur lebih baik browsing dulu penyewaan jeep atau tanya referensi di grup grup informasi traveling. takut nya sudah sampai di sana tidak mendapatkan penyewaan jeep.

beda nya di lokasi sunrise bromo, jadi ada baik nya bertanya dulu lokasi sunrise bromo nya di mana karena ada beberapa titik untuk melihat sunrise, dan tiap lokasi tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk, semua nya sama sama bagus dan memiliki ke khas an sendiri, yang membedakan cuma lokasi nya jauh atau dekat dari desa cemoro lawang.

Pilihan Lokasi Sunrise di Bromo

Di bromo ada beberapa spot lokasi untuk melihat sunrise, tidak ada yang lebih baik satu dengan lain nya, semua nya memiliki keindahan masing masing, ini saya urutkan berdasarkan jarak lokasi dari cemoro lawang.

  1. Seruni Poin, disebut juga Penanjakan 2, ada 2 spot yang bisa di explore di lokasi ini, yang pertama di parkiran, dan yang ke dua di puncak seruni poin, kalo kita membawa keluarga anak anak atau orang tua yang tidak kuat untuk hiking menuju puncak, bisa menunggu di parkiran dan tetap bisa menikmari sunrise, dan first light di kawah bromo. bagi yang kuat bisa naik ke puncak seruni hiking nya tergolong medium dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.
  2. Mentigen Hill, ini khusus yang sudah mengexplore lokasi lain dan ingin mendapatkan view dan sisi lain saat sunrise di bromo, di butuhkan hiking yang tidak telalu susah di butuhkan sekitar 10-15 menit untuk melihat sunrise dan juga kawah bromo, dari lokasi parkir kita juga masih bisa melihat sunrise, tetapi tidk terlihat kawah bromo.
  3. Dingklik, spot yang relatif mudah untuk di lalui semua umur.
  4. Love Hill, lokasi nya di lebih tinggi dari dingklik, spot yang bisa di kunjungi semua umur, ada 2 spot spot di dekat parkir dan naik ke atas bukit, naik nya tidak telalu susah paling 10-15 menit.
  5. Bukit Kingkong, lokasi nya lebih tinggi dari Love Hill, untuk mencapai sini usahakan berangkat sepagi mungkin, sekitar jam 2 atau 2.30 karena jalur nya kalo padat kita harus extra jalan kaki karena jeep tidak bisa parkir dekat dengan lokasi. bisa di kunjungi untuk semua umur. jalan nya lumayan datar.
  6. Penajakan 1, lokasi penanjakan paling tinggi di antara list yang saya sebutkan, butuh hiking sekitar 20-30 menit, dengan cataran jeep parkit dekat dengan pintu masuk. jika jeep parkir terlalu jauh bisa sewa ojek lagi menuju pintuk masuk untuk hiking.

Tips: Untuk mendapat tempat parkir yang dekat dengan lokasi sebaiknya berangkat dari jam 2:00 dini hari. 🙂

untuk 3 lokasi lain nya di dalam paket rata rata sama lokasi nya.
Kawah Bromo
Setelah dari spot sunrise, kita akan di ajak ke kawah bromo, untuk menuju kawah bromo butuh berjalan kurang lebih 2km jalanan berpasir dan di lanjutkan naik 250 anak tangga. untuk mempersingkat waktu kita bisa menyewa kuda dari lokasi parkir menuju kaki kawah gunung bromo.

Kawah Bromo, di lihat dari bukit penanjakan

Pasir Berbisik
Lokasi Berikut nya adalah Pasir Berbisik, itulah sebutan dari lautan pasir yang terkenal di Bromo. Hamparan luas padang pasir ini selalu menjadi salah satu incaran para wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
Asal mulanya berkaitan dengan film karya sutradara Nan Achnas tahun 2001 silam yang berjudul Pasir Berbisik

The Sea of Sand / Lautan Pasir atau lebih di kenal dengan Pasir Berbisik

Bukit Teletubbies
Bromo tak cuma punya Lautan Pasir, tapi juga Bukit Teletubbies. Bukit ini dinamakan Bukit Teletubbies karena penampakannya mirip dengan bukit berwarna hijau yang ada di film kartun Teletubbies. Pemandangan hijau ini tentu saja terlihat kontras dengan keadaan alam di sekelilingnya yang dominan berwarna abu-abu dan gelap. Kontrasnya pemandangan ini membuat Bukit Teletubbies jadi primadona di mata wisatawan.

Bukit Teletubbies Bromo

Harga Tiket Masuk Kawasan Bromo

untuk masuk kawasan wisata bromo, harga tiket nya sbb
Wisatawan Lokal:
Hari Biasa: Rp 29.000
Hari Libur / Akhir Pekan : Rp 39.000

Wisatawan Mancanegara:
Hari Biasa: Rp 217.500
Hari Libur / Akhir Pekan : Rp 317.500

Keseruan dan Aktivitas selama di Bromo

Menikmati sunset di halaman hotel, saya berangkat dari surabaya pagi, dalam perjalanan nya saya menyempatkan ke Madakaripura, lalu saya usahakan menuju hotel sebelum matahari terbenam, sambil minum teh hangat, saya bisa menikmati sunset dari halaman hotel.

Saat Matahari terbenam di Bromo
Santai di sore hari.

Stargazing, malam hari pun kita masih bisa menikmati pesona Bromo dengan berburu milkyway, jika kamu beruntung langit cukup cerah kita bisa melihat keindahan malam bertabur bintang di Bromo. jangan lupa kamu abadikan keindahan langit malam di bromo dengan kamera kamu, cuma untuk foto malam hari khusus nya foto bintang, kamu harus menguasai kamera kamu agar bisa memasimalkan nya. karena kita tidak bisa foto galaxy bimasakti dengan mode Automatic.

Berburu Galaxy Bimasakti
Panorama malam hari di desa Ngadisari, Sukapura – Bromo
Malam Bertabur Bintang di Cemoro Lawang

Berburu Sunrise di Bromo, sebagian besar wisatawan ke Bromo ekspektasi nya adalah melihat momen matahari terbit. dan tidak salah memang, detik detik matahari terbit sunguh indah di lihat dari spot mana pun di Bromo.

Pagi hari di Bromo, di lihat dari bukit penanjakan.
Menikmati Matahari Terbit di kaki kawah Bromo

Bonding Bersama dan tinggalkan gadget, di bromo signal mobile data sangat terbatas, dari pada sibuk cari signal mending waktu yang ada di buat quality time kebersamaan dengan keluarga

Bakar Sate bersama, selain mengusir dingin, bonus nya kenyang.
Menikmati View Bromo, bersama Keluarga
Menjelajah Buktit Teletubbies bersama pasangan 🙂

Narsis & Seru seruan di lokasi paket tour Jeep Wisata Bromo , saat kita menyewa jeep kita akan di arahkan oleh driver nya mengunjungi spot spot terkenal di Bromo, jangan lupa untuk mengabadikan nya.

wefie di Seruni Poin
Pasir Berbisik, Bromo
The Sea of Sand
Jeep Wisata Bromo di lokasi Lautan Pasir Bromo.
Bukit Teletubbies banyak spot bukit dan padang savana yang instagramable
Bukit Tetetubbies
Moemen bersama di Bukit Tetetubbies
Dari yang masih bayi tua dan muda narsis semua di Bukit Teletubbies 🙂
Teletubbies di bukit Tetetubbies Bromo
Bersama Teletubbies

Akhir kata semoga blog ini bisa membantu dan memberikan informasi bagi yang membutuhkan, tetapi yang utama saya menulis ini buat ninggalin jejak buat saya sendiri. 🙂

Ditulis oleh

Ngeblog untuk ninggalin jejak ...

4 respons untuk ‘Catatan Perjalanan, Tips, Informasi Tour, Harga Tiket, dan Rute ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).’

  1. Mas Faryanto, mau tanya dong. Setelah keluar tol tongas… Menuju penginapan sekitar cemara lowong… Jalanannya apakah landai atau terjal mas ?
    Thank you sebelumnya mas.
    Regards,
    Lily

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.