Menjelajah Pesona Madakaripura, Air Terjun tertinggi di pulau Jawa.

Sebelum nya saya pernah menulis tentang Catatan Perjalan ke Bromo, di tulisan itu saya sempat meng-informasikan, dalam perjalanan saya ke Bromo saya sempatkan ke Madakaripura, air terjun tertinggi di pulau jawa, atau air terjun tertinggi no 2 di Indonesia dengan ketinggian 200m.
Bagimana cara dan kondisi trekking menuju Madakaripura? silakan simak catatan saya menjelajah ke air terjun abadi Madakaripura.

Tentang Madakaripura

Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Tidak hanya Gunung Bromo, Banyak panorama dan landscape yang bisa di jelajahi, salah satunya Air Terjun Madakaripura. Terletak di Lereng Gunung Bromo menjadikan tempat ini menyimpan daya tarik tersendiri. Bahkan Air Terjun Madakaripura juga dijuluki sebagai air terjun abadi, tidak seperti kebanyakan air terjun irigasi yang debit air nya naik turun, air terjun Madakaripura selalu menawan sepanjang tahun air nya selalu jernih dan segar.

Madakaripura berasal dari kata Mada Kari Pura yang memiliki arti sebagai “Tempat Tinggal Terakhir”, tempat ini dahulu berada di wilayah tanah perdikan Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit. Air terjun ini juga dipercaya sebagai peristirahatan dan pertapaan sang patih hingga masa akir hidupnya. sampai sekarang pun masyarakat sekitar masih memegang kepercayaan ter hadap legenda tersebut.

Pesona Madakaripura

Persiapan Sebelum menuju Air Terjun Madakaripura

Sebelum pergi ke Air terjun madakaripura ada beberapa hal yang pelu di persiapkan agar kita nyaman selama di lokasi

  1. Pakailah sandal Gunung atau alas kaki yang yang nyaman di gunakan untuk berjalan di bebatuan, dan genangan sungai.
  2. Bawa baju ganti , jaga jaga kilo kamu ingin bermain air di madakaripura.
  3. Handuk kecil buat mengeringkan badan selesai berenang atau bermain air di air terjun.
  4. Bawa Jas Hujan plastik atau payung untuk melindungi gadget, karena di sela sela perjalanan akan melewati ngarai dengan percikan air terjun yang deras, serasa hujan abadi.
  5. Case / puch anti air untuk smartphone kamu buat foto foto
  6. Bawa minum untuk melepas dahaga, karena kita akan berjalan sejauh kurang lebih 1km
  7. Kamera dengan tripod, jika punya filter ND wajib di bawa.

Cara Menuju Lokasi Air Terjun Madakaripura

Madakaripura berada di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.
Kita bisa menggunakan kendaran umum dan kendaraan pribadi, bagi yang menggunakan kendaraan umum bisa memulai dari terminal probolinggo. bagi yang menggunakan kendaraan pribadi tinggal set aplikasi gps waze atau google map. dan di arahkan ke Madakaripura.

Saat sampai di lokasi parkir mobil / bus, kita masih harus berjalan sekitar 20 menit menuju loket tiket / pos masuk ke Air Terjun Madakaripura, karena jalur ini sempit jadi kendaraan pribadi tidak di perbolehkan melalui jalur ini, tetapi kita masih bisa sewa ojek dari parkiran menuju loket penjualan tiket.

Saat sampai di sini, anda akan di datangi oleh pemandu atau ojek yang menawarkan jasanya, sebenar nya tidak ada paksaan untuk menggunakan jasa ojek atau pemandu di sini, cuma kalo kita bersama orang tua atau anak kecil, lebih baik menggunakan jasa ojek minimal. karena dari parkiran ini menuju loket masuk masih sekitar 1km dan jalan nya naik turun, meskipun sudah di aspal dengan baik.

Untuk Pemandu relatif, anda bisa pakai atau tidak, keuntungan menggunakan pemandu, dia juga sebagai poter untuk membantu membawa baranag bawaan kamu. bahkan ada yang menawarkan dan membantu menggendong bayi. selama trekking.

Selain jasa ojek dan pemandu, ada yang akan menjajakan jas hujan plastik, sendal jepit, sarung handphone tahan air.

Loket Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura
Tiket Masuk Madakaripura Juni 2019

Jalur Trekking menuju Air Terjun Madakaripura

Pertanyaan saya dan mungkin sebagian banyak orang, bagimana jalur trekking dari loket tiket menuju air terjun madakaripura.

Menurut saya dan bisa di lihat foto foto di bawah ini jalur trekking ke Madakaripura sangat nyaman dan bisa di lalui semua umur, tidak ada jalan naik turun bukit yang melelahkan, (karena saya juga sempat membaca beberapa blog yang mengambarkan jalur trekking ke Madakaripura)

Adik saya pun bisa menggendong bayi nya yang baru berumur 4 bulan, dan melewati jalur trekking ini dengan nyaman.

Patung Gajahmada, jalur awal trekking di mulai 🙂
Jalur Madakaripura yang selalu datar dan ramah untuk semua umur, bahkan sambing menggendong si buah hati
Aman, Toilet tersedia di jalur trekking menuju air terjun.
Arca Gajahmada, di sini kita bisa beristirahat sejenak dan bisa ke Toilet.
Menyusuri jalan di pinggir sungai yang sudah di buat dengan sangat baik dan nyaman.

Sekitar 200 meter sebelum air terjun madakaripura, jalan berubah menadi tanah dab bebatuan, disini kita butuh sedikit kehati hatian. tanda jalur trekking berubah menjadi tanah setelah jembatan seperti di bawah ini

Jembatan terakir sebelum masuk jalur trekking yang masih berupah tanah dan bebatuan. oh ya di lokasi ini ada toilet terakir, jadi bisa gunakan tiolet ini sebelum menuju Madakaripura.
Setelah berjalan sekitar 200 meter kita akan sampai di Air Terjun Madakaripura

Pesona Air Terjun Madakaripura

Pesona Madakaripura di kaki gunung Bromo, Perjalanan sekitar 30 menit akan terbayarkan dengan pesona keindahan nya, lokasi terakir jika kamu berjalan terus akan berakhir di sebuah lembah berbentuk seperti tabung dimana air terjun berketinggian 200 meter tampak gagah menjulang. Air Terjun Madakaripura bahkan dijuluki sebagai air terjun tertinggi di Jawa, dan air terjun tertinggi kedua di Indonesia setelah Air Terjun Sigura-gura di Sumatera Utara.

Pesona Air Terjun tertinggi di Pulau Jawa, Madakaripura
Pesona alam yang Sangat Asri dan menyejukan
Megah nya Madakaripura
Mengunjungi lokasi ini bersama keluarga seru juga, Jadi kapan kamu ke sini 🙂

Setelah puas bermain air di sini, kami pun melanjutkan perjalana ke Bromo. bisa di buka link nya di sini Catatan Perjalan ke Bromo

untuk yang akan berkunjung ke sini tetap jagalah keindahan dan kebersihan jangan melakukan vadalisme di bebatuan atau tebing, dan bawa kembali sampah mu, jagan di buang sebarangan.
Happy Travelling

Ditulis oleh

Ngeblog untuk ninggalin jejak ...

4 respons untuk ‘Menjelajah Pesona Madakaripura, Air Terjun tertinggi di pulau Jawa.

      1. Parkiran busnya jauh dari loket masuk? Ko bisa? Biar pada ngojek kali ya? Kalau dulu sih saya ke sana, parkiran minibus-nya di dekat pintu loket masuk.
        salah satu ngga enaknya Bromo, kaya ini. Parkiran Seruni point juga jauh banget dari Seruni point-nya. Jadi pengunjung yg ngga kuat jalan (apalagi nanjak, mereka arahkan naik ojek atau naik kuda yang bayarnya muahaaal banget.

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.