Camping di Ranca Upas: informasi harga tiket, fasilitas dan aktifitas apa saja yang bisa di lakukan.

Di bulan Agustus ini saya mencoba mencari lokasi yang suasananya jauh dari hiruk pikuk kota Jakarta, untuk bersantai dan menikmati alam terbuka, bosan tiap weekend main nya ke mall mulu. Saya mencoba mencari lokasi yang tidak terlalu jauh tetapi suasana alamnya masih asri dan terjaga dengan baik, Ranca Upas menjadi destinasi yang menarik buat saya, dan karena di Ranca Upas terdapat camping ground atau bumi perkemahan, saya putuskan saja untuk mencoba camping ceria di Ranca Upas.

Sekilas Tentang Ranca Upas

Ranca Upas ini berada di kawasan wisata Bandung selatan, Ranca upas merupakan bumi perkemahan dan tempat wisata sekaligus hutan lindung di bawah pengelolaan Perhutani yang berada diย Jl. Raya Ciwidey โ€“ Patengan No.KM. 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973. Akses jalan menuju ranca upas sudah baik karena bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda 4

Untuk Nama Ranca Upas saya coba browsing dan mendapat informasi kalo Ranca Upas berasal dari kata Ranca dan Upas. Ranca artinya rawa. Upas artinya pohon Upas, (moraceae), yang dulunya banyak tumbuh di rawa ini. Phon Upas salah satu pohon beracun yang biasa digunakan untuk berburu di hutan, dengan mengoleskan racun ke ujung panah atau tombak. Nama Ranca Upas diberikan sesuai dengan kebiasaan ORANG SUNDA sih tepatnya, yang katanya, memberikan nama untuk suatu wilayah diidentikkan sesuai ciri-cirinya, kejadian atau kebiasaan. Alasannya sederhana, supaya mudah diingat. Yaaa, masuk akal juga sih.

Butuh waktu sekitar 3 sd 4 jam dari Jakarta menuju Ranca upas

Daya tarik Raca Upas

Lokasinya yang berada pada ketinggian 1700 Mdpl, memiliki pesona keindahan alam yang masih alami dengan udara khas dataran tinggi menjadikan suasana alam di Bumi Perkemahan Ranca upas begitu sejuk dan segar, daya tarik ranca upas yang dulu hanya di kenal sebagai bumi perkemahan dan tempat penangkaran rusa, saat ini sudah jauh di kembangkan dengan fasilitas fasilitas baru antara lain kolam renang air panas, fasilitas outbond.

Fasilitas umum MCK yang terdapat di bumi perkemahan ini sudah bagus dan bersih, jadi tidak pelu bingung untuk urusan MCK, selain itu juga tersedia musholla, dan kios-kios dagang.

Persiapan dan perlengkapan

  1. Tenda, kebetulan saya punya tenda jadi saya bawa tenda sendiri, tetapi jangan kuatir kalo tidak punya tenda, saat di puntu masuk loket pembayaran saya melihat daftar harga penyewaan tenda mulai dari Rp 150.000 untuk 2 orang hingga 350.000 untuk 10 Orang.
  2. Sleeping Bag, ada juga di sewakan dengan harga Rp 20.000
  3. Sleeping pad / Matras, kalo yang ini bisa sewa atau bawa sendiri untuk alas tidur kita yang tau, mau nyaman seperti apa, bisa bawa matras busa atau angin.
  4. jangan lupa bawa bantal agar tidur nya nyaman ๐Ÿ™‚
  5. Baju hangat dan jaket yang tebal, wajib bawa soal nya suhu di siang hari sekitar 16 drajat kalo malam hari bisa sampai di bawah 10 drajat
  6. kaus kaki untuk tidur biasa nya dingin di mulai dari ujung kaki, pakai kaus kaki biar lebih hangat dan nyaman saat tidur.
  7. Senter / head lamp
  8. Lampu Tenda
  9. Uang Cash, karena tidak ada ATM di lokasi
  10. Kompor dan peralatan masak kalo mau masak, kalo tidak mau repot tinggal pesan di warung, banyak yang berjualan jadi tidak perlu takut kelaparan.
  11. Air mineral lebih baik bawa persiapan dari rumah.
  12. Power Bank jangan lupa, di lokasi juga ada jasa charge powerbank kalo powerbank kita sudah abis daya nya.
  13. Camera + tripod jangan sampai ketinggalan.

Tidak pelu bingung bawa banyak bawaan dan perlengkapan, karena namanya juga camping ceria, lokasi nya tidak jauh dari lahan parkir, mau dirikan tenda di samping mobil juga bisa ๐Ÿ™‚

Perjalanan Menuju Ranca Upas, mampir dulu di Driam Riverside

Dari Jakarta saya berangkat sekitar pukul 5.30 pagi, rute awal masuk ke tol dalam kota masih sepi dan lancar, masuk ke tol cikampek sudah mulai padat, tetapi untung nya pagi itu tidak banyak aktivitas pekerja dan saya cukup kaget tidak ada kemacetan yang berati, lancar hingga masuk tol purbaleunyi, karena perjalanan lancar dan biar mendapat banyak spot untuk di kunjungi, dalam perjalanan saya putuskan untuk mampir dulu di Driam Riverside sekalian makan siang, lalu melajutkan ke Ranca Upas, saya sampai di Driam pukul 9.00 pagi, dari Driam Riverside menuju ranca upas sekitar 40 menit. di sepanjang jalan menuju Ranca Upas banyak spot wisata lain yang bisa di kunjungi sesuai selera ๐Ÿ™‚

Driam Riverside adalah tempat wisata keluarga yang berada di tepian sungai ciwidey, di sini ada banyak spot spot selfie yang instagramable, tersedia juga resto dan resort penginapan.

Denah Deriam Riverside
Spot Spot Instagramable di Driam Riverside
Hovertent di Driam Riverside
Jembatan bambu yang akhir akhir ini jadi viral

Setelah puas menjelajah Driam dan santap siang di Driam, saya melanjutkan perjalan menuju Ranca Upas. berkendara sekitar 40 menit, kita kan melihat gerbang Ranca Upas.

Gerbang masuk ke Ranca Upas

Setelah masuk gerbang utama, tinggal mengikuti jalur kita akan sampai di Pos penjualan tiket, lalu membayar tiket masuk Rp 10.000 / orang
Parkir Roda 4 Rp 5000 dan biaya camping 1 malam Rp 35.000 untuk ber dua.

Tiket Masuk ( Dewasa & Anak )10.000
Parkir Mobil5.000
Parkir Motor2.000
Bus Pariwisata20.000
Parkiran Ranca Upas sangat luas

Mencari Spot untuk mendirikan tenda

Sampai di ranca upas sekitar pukul 14.30, setelah mencari tempat parkir yang cocok, saya bergegas mencari spot untuk mendirikan tenda.
kalo kita melihat peta sutuasi ranca upas kita bisa memilih mau mendirikan tenda di mana, mau dekat parkiran bisa, mau dekat toilet bisa, mau dekat danau boleh, mau dekat hutan tidak ada yg melarang, mau hadap utara selatan timur barat, bebas pokok nya sesuai mood dan yang menurut kita nyaman saja saat menentukan posisi tenda nya :), posisi yang saya pilih saat itu di areal no 11, karena tidak terlalu banyak tenda juga tidak terlalu sedikit, jadi pas lah kondisinya saat itu.

Camping Ground Ranca Upas buka 24 jam, jadi kita bisa mendirika tenda jam berapapun yang kita mau, saya berkenalan dengan grup di sebelah tenda saya yang baru datang pukul 20:00 bahkan ada yg baru datang pukul 24:00 dan mendirikan tenda.

Peta Ranca Upas dari Perhutani
Suasana Camping groud Ranca Upas

Setelah tenda tenda sudah berdiri saat nya bersantai dan menikmati pemandangan dan segar nya udara pegunungan. oh ya di sini kita beli kayu bakar. untuk membuat api unggun dengan harga Rp 15.000 per ikat.

Warung di Lokasi ranca Upas menjual berbagai kebutuhan selama camping, juga tersedia makanan.
Harga Kayu Bakar per ikat Rp 15.000, malam itu saya menghabiskan 3 ikat kayu bakar ๐Ÿ™‚

Menikmati Suasana Malam di Camping ground Ranca Upas

Suhu Udara di ranca upas lumayan dingin, malam itu suhu udara mencapai 10 drajat, oh ya bagi yang ingin menginap di alam terbuka atau camping tetapi tidak punya tenda sendiri, seperti yang saya info di atas, di sini pengelola menyediakan penyewaan alat camping lengkap.

Karena malam sangat dingin, saya beberapa kali harus ke toilet, sedangkan tenda saya lokasinya lumayan, berjalan sekitar 5 menit untuk menuju toilet. mungkin karena ini saat siang tadi banyak sekali tenda di sekitar toilet ๐Ÿ™‚

jangan lupa bawa senter atau headlamp untuk menerangan. oh ya jangan lupa untuk mencari tanda atau jalur dari tenda ada ke toilet, karea jangan sampai tersesat atau kesulitan menemukan tenda kamu, karena kalo malam suasana nya gelap dan kadang berkabut.

Suasana di Ranca Upas lumayan ramai, bahkan ada yg begarang tidak tidur semalaman, saya sendiri tidur sekitar pukul 10 malam dan mencoba bangun jam 01:30 utuk hunting milkyway. namun sayang malam itu awan sangat tebal, dari tidak terlihat Milkyway di Ranca Upas.

Karena suasana yang sangat dingin, dan saya agak susah untuk melanjutkan tidur, akhir nya saya ke warung untuk membeli kayu bakar lagi. setelah habis 1 ikat dan badan sudah mulai beradaptasi, akir nya bisa tidur lagi.

sebagai informasi warung di dekat parkiran ranca upas buka 24 jam, jadi sekali lagi kita tidak akan kekurangan makanan tau logistic atau kebutuhan apapun juga di ranca upas, yang penting siapkan uang cash ๐Ÿ™‚ karean tidak ada ATM.

Bawa pecahan uang Rp 2000 yang banyak, buat jaga jaga untuk ke toilet, karena penjaga nya tidak punya kembalian, uang langsung di masukan ke dalam kotak yang di gebok.

Suasana Senja di Ranca Upas
Menikmati Api unggun dan cemilan serta minuman hangat, Priceless Moment ๐Ÿ™‚
Suasana Malam yang di terangi oleh cahaya bulan

Sunrise di Ranca Upas

Menikmati sunrise di Ranca Upas, kita akan di suguhkan pemandangan sinar matahari yang menembus kabut pagi.
embun yang menempel di tenda dan rumput menguap saat terkena siar matahari, menjadikan suasana yang dramatis.

Banyak juga para fotografer yang datang dengan rombongan nya tiba pagi pagi buta untuk hunting sunrise.

Sunrise View Ranca Upas
Aktivitas di pagi hari di camping ground
Suasana Pagi dan berkabut di Ranca Upas
Pagi yang Dramatis di Ranca Upas
Banyak Juga para forografer yang berburu sunrise di Ranca Upas

Mengunjungi Penangkaran Rusa

Setelah puas foto dengan pemadangan alam, saya menuju tempat penangkaran Rusa. cukup membeli wortel untuk makanan rusa sebesar Rp 10.000 kita bisa masuk dan memberikan makan rusa, serta berswafoto dengan rusa.
Binatang nya tergolong jinak, dan sudah terbiasa dengan turis. tapi jangan lupa menjaga agar wortel kamu, kalo lengah sedikit ada saja rusa yang usil untuk merampas wortel di kantong plastik kamu.

cerita tentang penangkaran rusa ini dulu berawal dari 8 ekor rusa yang dimasukkan dalam kawasan penangkaran pada tahun 1980-an, sekarang sudah berkembang banyak, lalu sejak 2010, pengelola kawasan konservasi itu mengizinkan pengunjung untuk mendekati dan memberi makan rusa-rusa tersebut, biasanya berupa sayuran, seperti wortel yang di jual di pintu masuk penangkaran.

Bermain main dengan Rusa
Kita bisa memberi makan rusa

Wahana permainan di ranca upas

Selain menikmati keindahan alam, Kampung Cai juga menyediakan beragam wahana permainan, seperti Flying Fox, Cargo Net, Water Ball, dan Shake Stairs. Ada pula Tegal Kawani, sebuah area outbond yang berada satu kawasan dengan penangkaran rusa.

Wahana permaian tersbut bisa di sewa contih nya, harga sewa sepeda gunung, misalnya, adalah Rp10.000 per jam,ย fun gamesย Rp47.000,ย paint ballย Rp90.000,ย buggle trampolinย Rp15.000, jembatan goyang Rp15.000,ย flying foxย Rp15.000, dan berenang di kolam air panas Rp15.000.

tetapi untuk saat ini saya belum mencoba wahana pemainan nya, karena lebih cocok dan lebih seru jika dilakukan dengan grup besar atau outing bersama teman teman kantor atau keluarga besar.

Camping di Ranca Upas Yea or Nay?

Kesimpulan saya saat camping di Ranca Upas, dengan biaya yang sangat terjangkau, fasilitas nya sudah sangat lengkap dan kebersihan MCK terjamin, selain itu dengan banyak nya warung yang menjual semua keperluan selama camping sangat membantu, jadi kita benar benar di manjakan.
saya pribadi membeli kayu di warung serta nasi goreng 1 bungkus, lain nya saya membawa sendiri.

Parki mobil / motor tertata dengan rapi dan terjaga keamanan nya.

Suasana alam nya indah, saat sunrise dan sunset, kalo mau camping usahakan datang sebelum sore agar bisa explore spot untuk mendirikan tenda sesuai selera dan dapat menikmati moment sunset.

Sebelum berangkat saya sempat meremehkan suhu udara di ranca upas, ternyata suhu nya dingin, jadi untuk kunjungan berikut nya saya akan bawa Jaket yang lebih tebal ๐Ÿ™‚

Apa cocok untuk anak anak / orang tua, saat saya camping kemarin saya menenukan semua golongan usia camping di sini, jadi bisa buat untuk semua umur, tinggal kita cocokan kenyamanan seperti apa yang harus di persiapkan, karena saya juga melihat ada yg membawa kasur lipat beserta dengan perlengkapan nya ๐Ÿ™‚

Apa saya akan merekomendasikan dan akan kembali camping di Ranca Upas? Pasti 100%
* sebab lain karena belum dapat kesempatan foto milkyway di ranca upas ๐Ÿ™‚

Akhir kata selamat berlibur, jangan lupa membawa semua sampah dan salam Lestari.

Camping di Ranca Upas
Wefie dulu sebalum kembali ke Jakarta, pemanganan nya mempesona

Ditulis oleh

Ngeblog untuk ninggalin jejak ...

5 respons untuk โ€˜Camping di Ranca Upas: informasi harga tiket, fasilitas dan aktifitas apa saja yang bisa di lakukan.โ€™

    1. SEMUA SUDAH DI SEDIAKAN, MULAI TENDA,CATERING,LAMPU,KAYU BAKAR,JAGUNG DLL. TINGGAL TELPON SAJA. SEMUA YG DI SANA SANGAT RAMAH DAN BAIK BAIK SANGAT WELCOME THD PENGUNJUNG. CAKEP DAH POKOKNYA

      Suka

    1. Kalo yg khusus buat jasa pasang in tidak ada.tapi kalo memang tidak bisa pasang bisa minta bantuan temen temen sekitar. worst case bisa kasih tips buat orang yg bisa sewain tenda buat pasang in aja .biasa nya ada di sekitar pos masuk.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.