Sharing Photo Story Color of Jakarta 2019

Di tulisan kali ini saya akan sharing Photo Story yang saya ikutan dalam Photo Contest Color of Jakarta 2019.

Sekilas Tentang Color of Jakarta

Color of Jakarta adalah Kegiatan Lomba Fotografi dan Video tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dengan untuk memperkenalkan berbagai sisi kota di Jakarta. Selain itu, mendorong masyarakat luas melihat secara langsung perkembangan Jakarta melalui karya foto dan video, sekaligus sebagai bentuk dokumentasi kota Jakarta.

Kegiatan ini ditujukan secara khusus bagi komunitas fotografi dan videografi serta secara umum bagi masyarakat luas pecinta fotografi dan videografi.

Color of Jakarta 2019, terdapat empat kategori foto yang dikompetisikan, yaitu Humans of Jakarta, Jakarta at Night, Cityscape and Landmark, dan Photostory serta satu kategori video yakni Traveling in Jakarta.

Periode pengumpulan karya sejak 19 Oktober 2019 sampai dengan 24 November 2019.

Proses penjurian akan melibatkan Arbain Rambey (fotografer senior), Barry Kusuma (travel fotografer & blogger) serta Mast Irham (European Pressphoto Agency Chief Photografer).

Mengikuti Lomba Color of Jakarta

Berbekal infomasi yang ada di media sosial, segera saya hunting lokasi lokasi di jakarta yang menurut saya menarik, saya lebih suka mengangkat photo story, berikut ini sebagaian postingan photo story saya di Color of Jakarta.

View this post on Instagram

Mencoba Ratangga (MRT Jakarta) Potret warga Jakarta menggunakan transportasi paling anyar Ratangga. Di pagi hari tidak jarang warga Jakarta berlari menuju stasiun MRT untuk mengejar kerta. Untuk urusan ketepatan waktu kereta MRT cukup bisa di andalkan. Dari stasiun Bundaran HI menuju stasiun Lebak Bulus waktu tempuh hanya 30menit. Yang perlu di ingat kita harus membawa tiket sendiri sendiri, dan untuk masuk ke ruang tunggu MRT cukup tapping di pintu masuk, simple dan modern. Informasi dan petunjuk menuju platform kereta tertera dengan sangat jelas. Ini memudahkan pengguna jasa MRT. Saat di platform MRT para pengguna MRT bisa menunggu krereta dengan jeda antar ke berangkat an kurang lebih baik 10 menit. Ketepatan waktu MRT Jakarta termasuk terbaik di dunia dengan index standar pelayanan minimal (SPM) mencapai 99.8% Saat di dalam MRT ada peraturan yang harus di taati demi kenyamanan bersama, misalnya di larang makan dan minum di dalam kereta atau di larang duduk di lantai kereta. Sudah tugas kita untuk merawat fasilitas umum demi kepentingan bersama. Safe trip naik Ratangga! #coj2019 @colorofjkt @dkijakarta Pengambilan Foto: November 2019 Lokasi: MRT Jakarta Kategori: Photo Story #mrtjakarta #cityscape #jakartabanget #jakartacityscape #urbanphotography #urbanexploration #street_focus_on #natgeoyourshot #streetshared #justgoshoot #humaninframe #humaninterest #travelphotography #travellingthroughtheworld

A post shared by Fanyanto Eko Cahyo (@fanyanto_ec) on

Photo Story adalah beberapa rangkaian foto yang di susun dan bercerita, banyak referensi yang membahas ini, di dalam Color of Jakarta definisi nya mengunggah foto story dengan maximal 6 slide, Meskipun foto yang dibuat sebenarnya bebas-bebas saja, saya cuma untuk pemula seperti saya membutuhan workflow dan rule agar foto kita lebih tertata,

Langkah langkah yang saya lakukan dalam membuat Photo Story

  1. Menentuntukan topik misalnya cerita suasana kedai yang ledendaris, atau suasana tempat yang menarik, atau suatu perayaan upacara
  2. lalu mencari informasi tentang topik yang dipilih lebih detail agar bisa merencanakan alur ceritanya
  3. Rencanakan foto-foto yang akan diambil ( saya menggunakan rule EDFAT )
  4. Membuat foto di lokasi dan waktu yang telah direncanakan. Biasanya langkah ini yang paling banyak memakan waktu
  5. Terakir Editing dan pemilihan foto

Rule EDFAT sendiri singkatan dari, Entire – Detail – Frame – Angle – Time , yang penjelasan simple ya bisa saya rangkum berikut ini

Entire: Foto secara keseluruhan, misal di dalam restoran foto sebagian besar yang ada di lokasi harus ada di frame. ( contoh di kopi es Takie saya foto suasana di dalam kedai )

Detail: Foto yang lebih rinci, jika di restoran kita isa foto makanan nya, atau orang yang sedang makan. (contoh di kopi es Takie saya foto minuman kopi nya)

Frame: di sebut juga pembingkaian, ini membutuhkan effort lebih untuk menempatkan subject atau object di dalam foto, bisa menggunakan barang ( contoh di kopi es Takie saya foto pengunjung dengan menggunakan frame smartphone )

Angle: adalah sudut pengambilan foto, beberapa pilihan yang bisa kita pilih Low Angle, Normal Angle Atau High Angle ( contoh di kopi es Takie saya menggunakan high angle saat mereka menyiapkan pesanan kopi es saya)

Time: Waktu berarti momen dari sebuah adegan waktu tertentu yang kita nggap menarik. Kadang kita membutuhkan waktu untuk memotret dalam waktu cepat sebelum kita kehilangan momen terbaik tapi di lain waktu kita juga harus sabar dan menunggu kesempatan terbaik yang datang pada kita ( contoh di kopi es Takie saya menunggu moment saat ada pengunjung yang membayar dengan background kedai kopi yang vintage)

Mendapatkan Juara III Kategori Photo Story

Yeey.. šŸ™‚ Di kompetisi Color of Jakarta 2019 kali ini saya mendapat Juara III di Kategori Photo Story, ini menjadi fame pertama saya selama memulai hobi Fotografi sekitar 3 tahun lalu. semoga sharing ini bisa bermanfaat dan menambah informasi para pembaca blog ini

Berkut ini beberapa fofo yang saya posting juga di Color of Jakarta 2019 di kategori lain nya.

Jadi sudah siap berburu foto si sudut kota jakarta untuk CoJ 2020? šŸ™‚
Happy Hunting

Ditulis oleh

Ngeblog untuk ninggalin jejak ...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.