Jalan jalan ala Backpacker hari keLima ke Kawaguchiko dan menginap di Fuji-Q Highland, menikmati sunset, blue hour dan suasana malam di danau kawaguchiko

Hari ke lima dalam trip backpacker saya di Jepang April 2017 ini, saya meninggalan Kyoto dan menuju ke Kawaguchiko.

saat menyusun itinerary awal saya dalam trip backpacker ini, lumayan pusing menentukan bagaimana cara saya dari Kyoto ke Kawaguchiko, saat itu alternatif nya:

  1. Saya naik bus dari Kyoto ke Kawaguchiko berangkat dari Stasiun Kyoto jam 23:00 dan tiba di kawaguchiko sekitar jam 8:32 ke esokan hari nya. sebenar nya bisa irit bermalam di bus, tetapi akhir nya saya tidak memilih rute ini karena saya menggunakan JR Pass
  2. Renacana yang ke dua karena saya mengunakan JR Pass saya naik kereta Shinkansen, tetapi masih ada lagi ini yang perlu di putus kan, karena ada dua jalur yang bisa di pakai
    • Rute 1: Kyoto – ShinYokohama – Hachioji – Otsuki – Kawaguchiko ( lihat rute dari Hyperdia ) Total naik turun 4 kereta singgah 3 stasiun sebelum sampai kawaguchiko, di sini sempat mikir juga gimana cara nya ganti ganti kereta dan saya baru pertama kali ke Jepang, belum lagi bawa luggage, sempat kepikiran transfer luggage, tapi tidak ketemu referensi nya kirim dari kyoto.
    • Rute 2: Kyoto – Tokyo – Otsuki – Kawaguhiko ( Lihat rute di Japan Travel Navitime ) total naik turun 3 kereta singgah 2 stasiun sebelum sampai Kawaguchiko, di sini lebih sedikit pindah2x tetapi saya harus ke Tokyo dulu (lebih jauh dari pada ke Yokohama), sempat mikir lama tentang plus minus dua rute ini.
  3. Akhir nya dari dua rute tersebut saya putuskan menggunakan rute ke 2 Kyoto – Tokyo – Otsuki – Kawaguhiko dalam itinerary saya, dengan alasan karena saya bawa luggage dan akan sangat merepotkan saat naik turun kereta, belum lagi saat balik dari kawaguhiko saya akan jalan jalan ke Gotemba sebelum ke Tokyo, jadi kesimpulan nya luggage akan saya simpan di Locker Tokyo Station selama 2 hari dengan biaya 1400Yen. saya cuma bawa baju secukup nya di backpack. perjalanan ke kawaguchiko menjadi lebih simple dan nyaman. Kenapa tidak saya titip luggage nya ke yokohama, karena dari kawaguchiko ke Gotemba saya akan naik bus, dan setelah nya naik shinkansen ke Tokyo, dan tidak kembali lagi ke Yokohama.
  4. Tambahan Informasi khusus Rute Otsuki ke Kawaguchiko itu menggunakan FUJISAN VIEW EXPRESS, dan itu tidak di Cover JR Pass, saya menggunakan IC Card ICOCA untuk membayar nya. (jangan lupa cek saldo ICOCA biar nyaman dalam perjalan)

pada hari H, check out dari guesthouse di kyoto saya ke Kyoto Station menggunakan Taxi ( biar ga ribet bawa luggage ); seperti biasa tinggal ke jalan raya dan melambai ke taxi di jalanan kyoto. tunggu taxi berhenti dan tunggu pintu taxi terbuka otomatis, tinggal masuk dan pintu tertutup lagi. duduk manis, sampai tujuan kasih ICOCA ke supir di tap di mesin dan berkurang 790yen.

hari ini lebih siap dari pada kemarin yang masih Nervous akhir nya salah naik shinkansen karena human error. saat tiba di Kyoto Station cari Ekiben alias Bento Stasiun buat sarapan di Shinkansen selama perjalanan ke Tokyo. Oh ya jangan lupa pesan tiket reservasi tempat duduk satu hari sebelum nya biar dapat tempat yang berdampingan, sebelum pesan shinkansen saya cek jadwal dulu di Japan Travel Navitime di Smartphone, biar tau Nama Shinkansen yang akan saya pesan. Kalo tidak reservasi tempat dulu juga tidak masalah cuma untung2 an di gerbong non reservasi kemungkinan bisa berdiri kalo tidak ada tempat duduk kosong.

Singat cerita akhir nya saya sampai di Tokyo Stasiun jam 09:10 dan yang saya lakukan

  1. Keluar dari gate shinkansen dan segera mencari tempat penyimpanan Locker. Pastikan memperhatikan dengan benar lokasi locker nya. Karena Tokyo Station sangat besar dan memiliki banyak pintu keluar.
  2. Setelah itu saya menunggu kereta jam 13:29 JR Chuo Line Special Rapid to  Otsuki, kereta ini tidak ada setiap jam. Kalo kelewatan kereta ini untuk mencapai otsuki perlu ganti 2 kali kereta.
  3. Saya masih punya waktu untuk explore Tokyo Station, dan kesempatan untuk narsis di marunouchi central exit, wajah Asli Tokyo Station yang masih di pertahankan dengan ciri khas bata merah.
  4. Tepat pukul 13:29 naik JR Chuo Line Specia Rapid. Sampai di stasiun Otsuki.

Saat sampai di stasiun Otsuki kita akan ganti kereta menggunakan FUIKYUKO menuju kawaguchiko.  Di sini JR pass tidak berlaku jadi bayar nya cash atau menggunakan IC Card (ICOCA atau SUICA)

Saya turun di stasiun Fuji-Q highland untuk check in di hotel. hotel tempat saya menginap 5 menit berjalan dari Fuji-Q Highland, sedikit informasi tentang hotel yang saya book,  HOTEL MYSTAYS Fuji , Hotel paling mahal per malam nya, saat perjalan saya kali ini, tetapi saya tertarik view dari Jendela yang langsung menghadap Gunung Fuji dengan foreground Fuji-Q Highland, tetapi saya tidak akan mengulangi lagi saat ke Kawaguchiko, karena ada kejadian yang kurang nyaman, saat kita booking di booking.com kita sudah pilih room yang gambar nya memiliki jendela ke arah gunung Fuji, tetapi saat sampai di sana, saya hanya mendapat room di ground floor, dan harus bayar extra untuk mendapat kamar yang saya mau, dan ini tidak tertulis dan clear di booking.com, saya juga sudah komplain hotel dan review di booking.com semoga kedepan nya ada perubahan, tetapi secara lokasi dan view nya muantap Abissss 🙂

Kawaguchiko-1-3 (Large)
Pemandangan dari kamar HOTEL MYSTAYS Fuji, Ajib bener 🙂

selesai check in saya menuju Fuji-Q Highland Station, naik kereta lagi menuju Kawaguchiko station kurang lebih10 menit sudah sampai. keluar dari Stasiun langsung belok kanan sesuai petunjuk untuk mencapai Tourist Information, karena ini lokasi yang aman untuk bertanya karena pasti bisa bahasa inggris. di Touris Information ini saya dapat informasi

  1. ada 4 danau yang bisa di explorasi dengan mudah dari Stasiun kawaguchiko, Danau Kawaguchiko, Danau Saiko, danau Motosuko danau Shojoiko.
  2. untuk mengexplorasi danau Kawaguchiko bisa menggunakan Kawaguchiko Sightseeing Bus Red Line dan Green Line
  3. Untuk explorasi danau Saiko menggunakan Kawaguchiko Sightseeing Bus Green Line
  4. untuk mencapai danau saiko dan motosuko hanya bisa menggunakan Kawaguchiko Sightseeing Bus Blue Line
  5. Harga Tiket
    • Semua Jalur ( Red Line, Green Line dan Blue Line ) ¥1500 ; untuk anak kecil ¥750
    • Jalur Red Line dan Green Line ¥1300
    • semua tiket berlalu 2 hari, dan tidak bisa di refund.
    • Ada 127 POI / Halte yang memiliki panorama unik yang berbeda.
  6. Kalo mau ke Danau Kawaguchiko bisa berjalan 15 menit dari Stasiun Kawaguchiko jika tidak menggunakan Bus.
  7. ada penyewaan sepeda di sekitar stasiun untuk explorasi kawaguchiko dengan sepeda.
  8. Jika tidak menginap di kawaguchiko, kereta terakhir berangkat dari stasiun kawaguchiko pukul 22:09 menuju Otsuki tiba di Otsuki jam 23:02. tetapi tidak ada kereta ke tokyo dari Otsuki, jadi kalo yang mau melanjutkan perjalan ke Tokyo maximal harus menggunakan kereta jam 20:51 , saat di otsuki menggunakan kereta JR Chuo Line yang berangkat jam 22:09 menuju Tokyo.

karena saya menginap di daerah Fuji-Q Highland dan hanya berjarak 1 stasiun, saya putuskan jalan jalan di danau kawaguchiko sampai malam. 🙂 dan pulang dengan menggunakan kereta pukul 22:09.

saya explorasi danau Kawaguchiko dari sunset, blue hour dan menjelang malam, udara di musim semi ini masih lumayan dingin. dan pukul 22:09 balik ke Hotel.

Kawaguchiko-1-12 (Large)
April Minggu ke 3, di Kawaguchiko belum mekar semua, dan belum mencapai puncak nya.
Kawaguchiko-1-4 (Large)
Menikmati sunset di tepi danau kawaguchiko
Kawaguchiko-1-6 (Large)
Lampu lampu mulai menyala di danau kawaguchiko
Kawaguchiko-1-5 (Large)
Saat Blue hour, moment yang menakjubkan, udara pun semakin dingin 🙂
Kawaguchiko-1-14 (Large)
Blue Hour di Danau Kawaguchiko
Kawaguchiko-1-13 (Large)
Kawaguchiko Ohasi Brigde
Kawaguchiko-1-9 (Large)
Salah satu dermaga di danau kawaguchiko
Kawaguchiko-1-8 (Large)
Reflexi lampu lampu di kawaguchiko saat malam
Kawaguchiko-1-10 (Large)
Menemukan Restoran Indonesia di Danau Kawaguchiko 🙂
Kawaguchiko-1-11 (Large)
Menunggu Kereta terakhir di Stasiun Kawaguchiko

Ditulis oleh

Ngeblog untuk ninggalin jejak ...

2 respons untuk ‘Jalan jalan ala Backpacker hari keLima ke Kawaguchiko dan menginap di Fuji-Q Highland, menikmati sunset, blue hour dan suasana malam di danau kawaguchiko

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.